Fungsi Strut Bar: Peran, Bagian, Cara Kerja

Apa fungsi dari strut bar? Strut bar adalah salah satu komponen aftermarket yang sering dipasang pada mobil untuk meningkatkan performa dan stabilitas saat berkendara. Strut bar berfungsi untuk menghubungkan strut tower di bagian kiri dan kanan mobil sehingga meningkatkan kekakuan (rigidity) pada bodi mobil.

Dengan peningkatan kekakuan pada bodi mobil, maka mobil dapat merespons pergerakan roda dengan lebih baik dan stabil saat melaju pada kecepatan tinggi atau saat melakukan manuver.

Selain meningkatkan performa dan stabilitas mobil, pemasangan strut bar juga dapat membantu mengurangi flexing atau getaran pada bodi mobil saat melakukan akselerasi atau pengereman yang tiba-tiba.

Hal ini dapat meningkatkan umur pakai pada beberapa komponen mobil seperti suspensi, sistem knalpot, dan lain sebagainya. Pada artikel ini, akan dibahas lebih detail mengenai fungsi, bagian, dan cara kerja dari strut bar.

fungsi strut bar

Fungsi Strut Bar

Strut bar merupakan salah satu komponen aftermarket yang umumnya dipasang pada mobil untuk meningkatkan performa dan stabilitas saat berkendara. Fungsi utama dari strut bar adalah untuk menghubungkan strut tower di bagian kiri dan kanan mobil sehingga meningkatkan kekakuan (rigidity) pada bodi mobil.

Dalam proses berkendara, mobil akan mengalami berbagai macam beban dan getaran dari permukaan jalan yang dilaluinya. Ketika mobil melaju pada kecepatan tinggi atau saat melakukan manuver, beban dan getaran tersebut dapat menyebabkan bodi mobil menjadi tidak stabil dan terjadi flexing atau pergerakan yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk Saat Mesin Hidup: 9 Faktor & Perbaikan

Dengan pemasangan strut bar, kekakuan pada bodi mobil dapat ditingkatkan sehingga pergerakan dan getaran pada mobil dapat dikendalikan dengan lebih baik. Hal ini dapat meningkatkan stabilitas mobil saat berkendara pada kecepatan tinggi atau saat melakukan manuver, sehingga memperbaiki performa mobil secara keseluruhan.

Selain meningkatkan performa dan stabilitas mobil, fungsi strut bar juga dapat membantu mengurangi flexing atau getaran pada bodi mobil saat melakukan akselerasi atau pengereman yang tiba-tiba. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada beberapa komponen mobil seperti suspensi, sistem knalpot, dan lain sebagainya, sehingga dapat meningkatkan umur pakai pada komponen-komponen tersebut.

Secara umum, fungsi strut bar dapat membantu meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara, serta memperbaiki performa mobil secara keseluruhan. Oleh karena itu, strut bar menjadi salah satu komponen aftermarket yang banyak diminati oleh para penggemar otomotif dan pembalap mobil.

Bagian Strut Bar

Strut bar terdiri dari beberapa bagian penting yang harus dipahami untuk memahami fungsi dan cara kerja dari komponen ini. Berikut adalah beberapa bagian penting dari strut bar:

  1. Strut tower adalah bagian dari rangka mobil yang berfungsi sebagai titik penyangga untuk suspensi depan mobil. Strut tower biasanya terletak di bagian atas shock absorber.
  2. Bagian bar ini terletak di atas strut tower dan menghubungkan strut tower di bagian kiri dan kanan mobil. Bar biasanya terbuat dari bahan yang ringan namun kuat seperti aluminium atau baja.
  3. End links adalah bagian penting dari strut bar yang menghubungkan bar ke strut tower di kedua sisi mobil. End links biasanya terbuat dari bahan yang tahan lama seperti baja atau aluminium.
  4. Mounting brackets adalah bagian yang digunakan untuk memasang strut bar ke mobil. Mounting brackets biasanya terbuat dari bahan yang sama dengan strut bar seperti aluminium atau baja.
  5. Bushings adalah bantalan yang digunakan untuk menyerap getaran dan beban dari permukaan jalan. Bushings biasanya terbuat dari bahan karet atau polyurethane yang tahan lama.
  6. Reinforcement plates adalah plat penguat yang terletak di bawah mounting brackets. Reinforcement plates berfungsi untuk meningkatkan kekuatan mounting brackets sehingga strut bar lebih stabil dan aman digunakan.
Baca Juga:  Cara Mengatasi Indikator Aki Menyala Terus: Tanda & Perbaikan

Secara keseluruhan, strut bar terdiri dari beberapa bagian yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk meningkatkan kekakuan pada bodi mobil.

Cara Kerja Strut Bar

Cara kerja strut bar sangat sederhana. Strut bar memiliki fungsi untuk mengurangi flex atau pergerakan dari strut tower di kedua sisi mobil. Pergerakan yang terjadi pada strut tower dapat mempengaruhi kemampuan mobil dalam menangani guncangan dan beban saat melintasi jalan yang tidak rata.

Dengan menghubungkan strut tower di kedua sisi mobil, strut bar membantu menstabilkan suspensi depan mobil dan meminimalkan pergerakan strut tower. Hal ini membuat mobil menjadi lebih stabil saat melewati tikungan atau menghadapi kondisi jalan yang buruk.

Selain itu, fungsi strut bar juga membantu meningkatkan responsivitas kemudi. Ketika mobil melakukan manuver, strut bar membantu memindahkan beban ke strut tower di sisi yang berlawanan, sehingga meningkatkan respons kemudi mobil.

Strut bar juga dapat membantu meningkatkan performa mobil. Dengan mengurangi flex pada strut tower, mobil dapat mempertahankan posisi roda yang stabil dan meningkatkan traksi pada jalan. Hal ini akan membuat mobil menjadi lebih cepat dan responsif saat melintasi tikungan.

Secara keseluruhan, fungsi, bagian, dan cara kerja strut bar sangat sederhana namun efektif dalam meningkatkan stabilitas, responsivitas, dan performa mobil. Dengan menghubungkan strut tower di kedua sisi mobil, strut bar membantu meningkatkan kemampuan mobil dalam menangani guncangan dan beban saat melintasi jalan yang tidak rata.

Baca Juga:  Kunci Otomatis Mobil Tidak Berfungsi: 10 Faktor & Perbaikan