Letak Relay Avanza: 3 Posisi Dan Ulasan

Dimana letak relay avanza? Toyota Avanza adalah salah satu mobil populer yang banyak digunakan di Indonesia. Dalam sistem listriknya, terdapat komponen penting yang disebut relay. Relay berfungsi sebagai saklar elektronik yang mengendalikan aliran listrik ke berbagai komponen mobil.

Pada Toyota Avanza, terdapat beberapa posisi relay yang penting untuk diketahui. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap letak relay pada Toyota Avanza.

Letak Relay Avanza

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa posisi relay pada Avanza. Berikut ini adalah letak dari relay Avanza:

1. Relay di Ruang Mesin

Posisi relay relay pertama pada toyota avanza yang akan kita bahas di ruang mesin. Pada Toyota Avanza, terdapat kotak sekring yang terletak di dekat mesin. Di dalam kotak sekring ini, Anda akan menemukan beberapa relay yang mengontrol komponen-komponen penting. Berikut adalah posisi relay di ruang mesin Avanza:

letak relay avanza

  • Relay Lampu Kepala (Headlamp): Relay ini mengendalikan lampu depan atau lampu kepala mobil.
  • Klakson (Horn): Relay ini mengendalikan klakson mobil.
  • Relay Kompresor AC (Magnetic Clutch): Relay ini mengontrol kompresor AC mobil.
  • Relay Kipas Radiator: Relay ini mengendalikan kipas radiator untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil.

2. Relay di Ruang Kabin

Selain relay di ruang mesin, Avanza juga memiliki relay yang terletak di dalam ruang kabin. Biasanya, relay-relay ini terletak di dekat dashboard atau di sekitar pedal kaki pengemudi. Berikut adalah posisi relay di ruang kabin Avanza:

letak relay avanza

  • Relay Lampu Kabut (Fog Lamp): Relay ini mengendalikan lampu kabut pada Avanza jika kendaraan dilengkapi dengan fitur ini.
  • Starter: Relay ini terhubung dengan sistem starter untuk menghidupkan mesin mobil.
  • Relay Ignition: Relay ini mengendalikan sistem pengapian mobil.
  • Relay Pompa Bensin (Fuel Pump): Relay ini mengendalikan pompa bensin yang memasok bahan bakar ke mesin.
  • Heater: Relay ini mengontrol sistem pemanas di dalam mobil.
  • Relay EFI (Komputer): Relay ini mengendalikan unit pengendali elektronik (ECU) yang mengatur sistem injeksi bahan bakar dan pengoperasian mesin.

3. Lokasi Relay Integrasi

Selain itu, untuk tipe Avanza Veloz dan seri di atasnya, relay ganti dengan relay integrasi. Artinya, relay yang sebelumnya terpisah gabung menjadi satu menggunakan PCB. Saat ini, belum ada penjelasan lebih mendalam mengenai tipe relay integrasi ini. Yang jelas, jika terjadi kerusakan, adalah mengganti keseluruhan set relay.

letak relay avanza

Untuk letak relay Avanza tipe integrasi sebenarnya sama seperti posisi relay Avanza di ruang mesin. Perbedaannya adalah relay menjadi satu dan berada dalam wadah berwarna hitam di samping baris sekring.

Penting untuk dicatat bahwa letak relay pada Avanza dapat sedikit bervariasi tergantung pada tahun produksi dan varian mobil. Oleh karena itu, untuk mengacu pada buku panduan kendaraan atau mengonsultasikan mekanik yang berpengalaman jika Anda memiliki keraguan tentang letak relay pada Avanza spesifik Anda.

Mengetahui letak relay pada Toyota Avanza sangat penting ketika Anda melakukan troubleshooting atau perbaikan masalah listrik. Dengan mengetahui letak relay yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi dan memeriksa relay yang terkait dengan komponen tertentu yang mungkin mengalami masalah.