Penyebab Speedometer Digital Motor Mati: 10 Faktor & Perbaikan

Penyebab Speedometer Digital Motor Mati Dan Cara Memperbaiki – Speedometer digital pada motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam mengukur kecepatan saat berkendara. Namun, terkadang speedometer digital pada motor bisa mengalami masalah dan mati, yang membuat pengendara kesulitan untuk mengetahui kecepatan yang sedang dicapai.

Ada berbagai penyebab yang bisa membuat speedometer digital motor mati, mulai dari masalah pada kelistrikan, sensor speedometer yang rusak, kerusakan pada display, masalah pada sistem pengukuran kecepatan, hingga masalah pada sistem pemrograman. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab speedometer digital motor mati agar bisa segera diatasi dan cara memperbaiki.

penyebab speedometer digital motor mati

Penyebab Speedometer Digital Motor Mati

Ada beberapa penyebab mengapa speedometer digital motor mati, di antaranya adalah:

1. Masalah kelistrikan

Salah satu penyebab umum speedometer digital motor mati adalah masalah pada kelistrikan. Hal ini bisa disebabkan oleh kabel yang terputus, kabel yang korosif atau terkelupas, atau kabel yang aus. Selain itu, bisa juga terjadi karena adanya korsleting pada kelistrikan motor.

2. Sensor speedometer rusak

Speedometer digital pada motor menggunakan sensor untuk mendeteksi kecepatan putaran roda motor. Jika sensor speedometer rusak, maka speedometer digital tidak akan menunjukkan kecepatan yang sebenarnya.

3. Kerusakan pada display

Jika ada kerusakan pada display speedometer digital, maka speedometer tidak akan menunjukkan data dengan benar atau bahkan mati sama sekali. Kerusakan display bisa disebabkan oleh kerusakan pada LCD, papan sirkuit atau koneksi antara display dan papan sirkuit.

Baca Juga:  Relay Bunyi Cetak Cetek: 4 Penyebab & Perbaikan

4. Masalah pada sistem pengukuran kecepatan

Penyebab lain speedometer digital motor mati adalah masalah pada sensor kecepatan. Jika sistem pengukuran kecepatan pada roda motor mengalami masalah seperti gigi penggerak yang aus atau patah, maka speedometer digital tidak akan menunjukkan kecepatan yang sebenarnya.

5. Masalah pada sistem pemrograman

Penyebab speedometer digital motor juga bisa mati karena adanya masalah pada sistem pemrograman. Hal ini bisa disebabkan oleh program yang rusak atau tidak kompatibel dengan perangkat keras speedometer.

6. Masalah pada batere atau sistem pengisian daya

Jika batere pada motor rusak atau tidak dapat mengisi daya dengan benar, maka speedometer digital bisa mati. Hal ini disebabkan karena speedometer membutuhkan daya yang cukup untuk beroperasi. Selain itu, jika sistem pengisian daya pada motor mengalami masalah seperti regulator yang rusak, maka daya yang dibutuhkan oleh speedometer tidak dapat terpenuhi.

7. Komponen internal speedometer rusak

Komponen internal speedometer seperti PCB, IC, atau komponen lainnya bisa mengalami kerusakan atau kegagalan yang membuat speedometer mati.

8. Kerusakan pada sensor lain

Selain sensor speedometer, ada beberapa sensor lain pada motor yang juga terkait dengan pengukuran kecepatan, seperti sensor posisi engkol dan sensor ABS. Jika salah satu dari sensor tersebut rusak, maka bisa menjadi penyebab speedometer digital motor mati atau menunjukkan data yang tidak akurat.

Baca Juga:  Scoopy 1 Liter Berapa KM: Konsumsi Dan Ulasan

9. Perubahan atau modifikasi pada motor

Jika terdapat perubahan atau modifikasi pada motor seperti penggantian velg atau ban dengan ukuran yang berbeda dari standar pabrikan, maka speedometer digital bisa mati atau menunjukkan data yang tidak akurat.

10. Kelembaban atau air masuk ke dalam speedometer

Penyebab terakhir speedometer digital motor mati yaitu air. Jika speedometer terkena kelembaban atau air, maka bisa membuat komponen internal atau sensor pada speedometer rusak atau mengalami korosi.

Untuk memperbaiki speedometer digital motor yang mati, sebaiknya dibawa ke bengkel yang ahli dan berpengalaman dalam perbaikan motor. Bengkel akan melakukan diagnosa untuk menemukan penyebab masalah dan melakukan perbaikan sesuai dengan kebutuhan. Penting untuk memperbaiki speedometer digital motor yang mati segera karena hal ini bisa mempengaruhi keamanan berkendara.

Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor Mati

Setelah mengetahui penyebab speedometer digital motor mati maka perlu dipahami cara memperbaiki. Untuk cara memperbaiki speedometer digital motor yang mati, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Cek kabel dan kelistrikan motor

Langkah pertama adalah dengan memeriksa kabel dan kelistrikan motor untuk menemukan kemungkinan kabel yang putus, kabel yang korosif atau terkelupas, atau kabel yang aus. Jika ditemukan kabel yang bermasalah, segera ganti atau perbaiki kabel yang rusak.

2. Periksa sensor speedometer

Sensor speedometer adalah salah satu komponen penting dalam speedometer digital motor. Periksa apakah sensor tersebut berfungsi dengan baik. Jika sensor speedometer rusak, maka speedometer digital tidak akan menunjukkan kecepatan yang sebenarnya. Sebaiknya periksa dan ganti sensor jika diperlukan.

Baca Juga:  Penyebab Motor Brebet Di Putaran Tengah Dan Atas: 8 Faktor

3. Periksa display speedometer

Jika ada kerusakan pada display speedometer digital, maka speedometer tidak akan menunjukkan data dengan benar atau bahkan mati sama sekali. Periksa kerusakan pada display seperti LCD, papan sirkuit atau koneksi antara display dan papan sirkuit. Jika ada kerusakan, segera perbaiki atau ganti display speedometer.

4. Periksa sistem pengukuran kecepatan

Periksa apakah sistem pengukuran kecepatan pada roda motor mengalami masalah seperti gigi penggerak yang aus atau patah. Jika ada masalah pada sistem pengukuran kecepatan, segera ganti atau perbaiki bagian yang bermasalah.

5. Periksa sistem pemrograman

Periksa sistem pemrograman speedometer digital motor, apakah program yang digunakan mengalami kerusakan atau tidak kompatibel dengan perangkat keras speedometer. Jika iya, perbaiki atau ganti program speedometer digital yang sesuai dengan perangkat keras.

6. Bawa ke bengkel

Jika setelah melakukan beberapa langkah di atas, speedometer digital motor masih belum berfungsi, sebaiknya bawa ke bengkel yang ahli dan berpengalaman dalam perbaikan motor. Bengkel akan melakukan diagnosa dan perbaikan yang tepat untuk menemukan penyebab masalah dan memperbaiki speedometer digital motor yang mati.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki speedometer digital motor yang mati. Penting untuk memperbaiki speedometer digital motor yang mati segera karena hal ini bisa mempengaruhi keamanan berkendara.