Terminal Motor Starter: 4 Pin Dan Fungsi

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi terminal motor starter mobil dengan lebih mendalam. Memahami fungsi serta peran mereka dalam menghidupkan mesin dengan lancar. Saat kita memulai mesin mobil, ada satu komponen yang memainkan peran vital dalam proses tersebut soket motor starter.

Soket motor starter adalah bagian penting dari sistem starting mobil yang bertanggung jawab untuk menghidupkan mesin dengan memutar poros engkol (crankshaft) dan memulai proses pembakaran dalam silinder-silinder mesin.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang terminal motor starter mobil dan menggambarkan peran mereka yang penting dalam menghidupkan mesin. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang terminal-terminal ini, kita akan memiliki pengetahuan yang lebih kuat tentang sistem starting mobil.

terminal motor starter

Terminal Motor Starter

Di bawah ini adalah ulasan lengkap tentang terminal pada motor starter yang telah disebutkan sebelumnya:

1. Terminal B (30)

Terminal B adalah terminal yang mendapatkan arus langsung dari positif baterai (biasanya melalui fuse). Fungsi terminal B adalah untuk menyediakan pasokan daya listrik utama ke motor starter. Ini adalah titik masuk utama untuk aliran arus listrik ke saklar starter.

2. Terminal C

Terminal C adalah terminal yang menghubungkan atau mengalirkan arus dari terminal B ke kumparan medan (field coil). Kumparan medan merupakan bagian dari motor starter yang bertanggung jawab untuk menciptakan medan magnet yang diperlukan untuk menghasilkan torsi dan memutar motor.

3. Terminal ST (50)

Terminal ST (Start) adalah terminal yang menerima arus dari terminal ST (Start) pada kunci kontak. Ketika kunci kontak ke posisi start, arus di alirkan melalui soket ST (50) ke pull-in coil (PIC) dan hold-in coil (HIC) dalam motor starter. PIC berguna untuk menarik gigi pinion ke gigi flywheel, sedangkan HIC mempertahankan posisi gigi pinion setelah mesin menyala.

4. Plat Kontak

Plat kontak merupakan bagian dari motor starter yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran arus listrik ke kumparan medan, pull-in coil, dan hold-in coil. Bagian ini berperan penting dalam mengatur operasi motor starter. Ketika arus di alirkan melalui soket ST (50), plat kontak akan mengalihkan aliran arus ke komponen yang sesuai dalam motor starter, memungkinkan pengoperasian yang tepat.

Terminal terminal ini bekerja bersama-sama untuk mengontrol aliran listrik, menghasilkan medan magnet, dan menggerakkan gigi pinion motor starter untuk memulai mesin. Mereka merupakan komponen penting dalam motor starter yang memungkinkan proses starting yang aman dan andal.