Cara Mematikan Wiper Mobil: 5 Prosedur & Simbol

Bagaimana cara mematikan wiper mobil? Sistem wiper mobil menjadi salah satu fitur penting yang mendukung keselamatan dan kenyamanan pengemudi dalam berbagai kondisi cuaca. Namun, terdapat situasi ketika mematikan wiper dapat menjadi tindakan yang diperlukan, seperti ketika hujan reda atau ketika kondisi cuaca tidak memerlukan penggunaan wiper.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan lebih rinci mengenai cara mematikan wiper mobil secara efisien dan tepat waktu. Memahami langkah-langkah yang benar untuk mematikan wiper tidak hanya meningkatkan pengalaman berkendara, tetapi juga membantu menjaga kinerja dan umur pakai sistem wiper secara keseluruhan.

cara mematikan wiper mobil

Cara Mematikan Wiper Mobil

Matikan wiper mobil dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang umumnya serupa pada sebagian besar mobil. Berikut adalah langkah-langkah atau cara umum untuk mematikan wiper mobil:

1. Perhatikan Posisi Tuas Wiper

Cara pertama untuk mematikan wiper mobil yaitu memperhatikan tuas wiper. Cari tuas atau saklar yang mengendalikan wiper di dalam mobil. Biasanya, tuas ini dapat ditemukan di sekitar setir kemudi, baik di sisi kiri atau kanan, atau di sekitar kolom setir.

2. Atur Posisi Tuas ke Posisi Off

Pindahkan tuas wiper ke posisi “Off” atau “0”. Pada sebagian besar mobil, ini adalah posisi terendah atau posisi paling dekat kearah pengemudi.

3. Periksa Panel Kontrol

Pada beberapa mobil, terutama mobil modern, pengendalian wiper mungkin terdapat di panel kontrol di sekitar konsol tengah atau di bagian lain mobil. Pastikan untuk memeriksa apakah ada kontrol tambahan di tempat lain.

4. Periksa Manual Pemilik

Jika Anda masih bingung, sebaiknya periksa manual pemilik mobil Anda. Manual ini umumnya memberikan informasi rinci tentang pengoperasian dan pengaturan berbagai fitur mobil, termasuk wiper.

5. Jika Semua Gagal, Periksa Sistem Listrik

Jika wiper tetap aktif atau tidak bisa dimatikan, mungkin ada masalah dengan sistem listrik atau saklar. Dalam hal ini, disarankan untuk memeriksa sistem listrik oleh teknisi mobil yang berpengalaman. Tentunya cara ini paling ampuh untuk mematikan wiper pada mobil.

Beragam Simbol pada Tuas Wiper Mobil

Setelah mengetahui langkah-langkah atau cara untuk mematikan wiper mobil, langkah selanjutnya adalah memahami berbagai simbol yang terdapat pada tuas wiper. Tuas wiper mengandung sejumlah simbol yang mewakili berbagai fungsi wiper. Berikut adalah beberapa simbol yang umumnya terdapat pada tuas wiper:

1. Mist

Simbol “Mist” biasanya terletak di bagian paling atas tuas kontrol wiper. Untuk mengaktifkannya dari posisi “OFF,” Anda perlu menggeser tuas ke atas sekali. Begitu tuas dilepas, kembali ke posisi “OFF.” Mode “Mist” biasanya digunakan ketika ada titik-titik air hujan pada kaca depan.

2. Intermittent

Mode “Intermittent” sering ditunjukkan dengan simbol “INT.” Mode ini digunakan ketika terdapat titik-titik air yang terletak lebih jauh di kaca depan dan tidak dapat dihilangkan dengan sapuan wiper pada mode lambat. Untuk mengaktifkannya, geser tuas dari posisi “OFF” ke simbol “INT.” Wiper akan bergerak menyapu kaca depan dalam interval tertentu, dan beberapa mobil dilengkapi dengan fitur untuk mengatur kecepatan “INT.”

3. LO dan HI

Simbol “LO” dan “HI” digunakan untuk mengatur wiper agar bekerja secara terus menerus. Perbedaan antara keduanya adalah kecepatan sapuan wiper. “HI” bekerja lebih cepat dibandingkan dengan “LO.” Posisi “LO” biasanya digunakan pada hujan deras, sedangkan “HI” digunakan saat hujan sangat lebat dan visibilitas terbatas.

4. AUTO

Simbol “AUTO” mungkin tidak ada pada setiap mobil dan menunjukkan bahwa wiper dapat berfungsi secara otomatis menggunakan teknologi sensor hujan. Dengan teknologi ini, kecepatan wiper diatur secara otomatis oleh komputer mobil. Wiper akan bergerak sesuai dengan intensitas air hujan yang terdeteksi oleh sensor infra merah yang biasanya dipasang di belakang spion dalam pada kaca depan mobil.

Penting untuk diingat bahwa langkah-langkah atau cara mematikan wiper mobil ini dapat bervariasi sedikit tergantung pada jenis mobil yang Anda miliki. Pastikan untuk merujuk pada manual pemilik mobil Anda untuk informasi yang lebih spesifik.