Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek: 10 Faktor

Apa penyebab mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek? Namun, terkadang kita mengalami masalah saat mencoba menghidupkan mobil, terutama ketika mobil tidak dapat di starter dan hanya mengeluarkan bunyi “tek tek” yang membuat frustasi. Masalah ini bisa terjadi pada mobil manual maupun mobil otomatis, dan bisa menjadi tanda adanya beberapa masalah di dalam sistem kendaraan.

Bunyi “tek tek” yang terdengar saat mencoba menghidupkan mobil dapat menjadi petunjuk penting dalam mendiagnosis masalah yang ada. Ada beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan mobil tidak dapat di starter dengan bunyi “tek tek”, mulai dari masalah pada baterai, busi, dinamo starter, hingga masalah pada komponen lain seperti timing belt atau engine mounting.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai berbagai penyebab mobil tidak dapat distarter dengan bunyi tek tek. Kami akan membahas setiap kemungkinan penyebab, memberikan penjelasan tentang fungsi komponen yang terlibat, dan memberikan saran tentang tindakan yang dapat di ambil untuk memperbaiki masalah ini.

mobil tidak bisa disarter bunyi tek tek

Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek

Jika mobil Anda tidak dapat distarter dan hanya menghasilkan bunyi “tek tek” saat mencoba menghidupkannya, ada beberapa kemungkinan penyebab yang perlu diperiksa:

1. Aki Mobil Mulai Lemah

Salah satu penyebab umum mobil tidak dapat distarter dan mengeluarkan bunyi “tek-tek” adalah aki mobil yang mulai lemah. Aki yang lemah di sebabkan oleh penurunan atau habisnya arus pada aki. Akibatnya, aki tidak mampu memberikan daya yang cukup untuk menghidupkan mobil.

2. Korosi pada Busi

Jika mobil tidak dapat distarter meskipun aki masih baik, masalahnya mungkin terletak pada busi. Busi merupakan komponen yang berperan dalam proses pengapian mesin. Jika busi sudah terkorosi, maka proses pengapian mesin akan terganggu dan menyulitkan starter mobil.

Baca Juga:  Kelebihan Noken As Lift Tinggi: 5 Faktor & Ulasan

3. Masalah dengan Dinamo Starter dan Relay

Dinamo starter adalah komponen yang berfungsi untuk memutar mesin saat melakukan starter mobil. Sementara itu, relay starter berperan dalam menyalakan dinamo starter. Jika dinamo starter mengalami masalah atau melemah, mobil tidak akan dapat di starter meskipun mesin sudah panas.

4. Masalah pada Timing Belt

Timing belt adalah komponen yang menjaga jarak antara katup dan piston agar tidak bertabrakan. Jika timing belt mengalami masalah, mobil tidak akan dapat di starter dan mengeluarkan bunyi kasar.

5. Alternator Rusak

Alternator berfungsi sebagai pengisi daya aki untuk memenuhi kebutuhan listrik saat mesin mobil menyala. Jika alternator rusak, aki tidak akan terisi dengan baik, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah saat melakukan starter mobil.

6. Kekurangan Oli

Kekurangan oli dalam mesin juga bisa menjadi penyebab mobil tidak dapat distarter dengan bunyi tek-tek. Ketika bagian atas mesin kekurangan pelumas, bagian tersebut menjadi kering dan mesin tidak dapat berfungsi dengan optimal.

7. Dinamo Starter Longgar

Dinamo starter yang longgar dapat menyebabkan bunyi “tek-tek” ketika mobil di hidupkan. Komponen ini bertanggung jawab untuk memutar piston dalam mesin mobil. Jika dinamo starter longgar, hal ini dapat menghasilkan bunyi yang tidak normal.

8. Gigi Pinion Motor Starter

Komponen gigi pinion juga dapat menjadi penyebab mobil tidak dapat di starter. Gigi pinion adalah roda gigi kecil yang menghubungkan flywheel dengan dinamo starter. Jika gigi pinion aus atau rusak, maka dinamo dan flywheel tidak dapat terhubung dengan baik, menghasilkan bunyi “tek-tek” saat starter di operasikan.

Baca Juga:  Pengaruh Noken As Pada Kompresi: 3 Faktor & Ulasan

9. Oli yang Belum Naik

Oli yang belum naik ke bagian atas mesin juga dapat menjadi penyebab mobil tidak dapat di starter dengan bunyi tek-tek. Hal ini terjadi ketika oli masih terkumpul di bagian bawah mesin dan tidak mencapai bagian atas yang memerlukan pelumasan. Kurangnya pelumasan akan menghasilkan gesekan yang menghasilkan bunyi “tek-tek”.

10. Gangguan pada Engine Mounting

Engine mounting adalah komponen yang berfungsi sebagai penopang mesin dan meredam getaran saat mobil berjalan. Jika engine mounting rusak atau tidak terpasang dengan benar, dapat menghasilkan bunyi “tek-tek” saat mobil di hidupkan.

Cara Memperbaiki Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek

Memperbaiki masalah mobil yang tidak dapat di starter dengan bunyi tek tek tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek:

1. Periksa Baterai

Pastikan baterai mobil memiliki daya yang cukup. Periksa kabel-kabel yang terhubung ke baterai, pastikan terminalnya bersih dan kencang. Jika baterai lemah atau mati, coba isi ulang atau ganti baterai yang baru.

2. Periksa Busi

Periksa kondisi busi. Jika busi terlihat korosi atau kotor, bersihkan atau ganti busi yang baru. Pastikan busi terpasang dengan benar.

3. Cek Dinamo Starter dan Relay

Periksa dinamo starter dan relay yang terhubung dengannya. Pastikan dinamo starter berfungsi dengan baik dan relay menyala saat starter di nyalakan.

Baca Juga:  Lampu Motor Terlalu Ke Atas: Penyebab, Akibat, Perbaikan

4. Periksa Timing Belt

Periksa kondisi timing belt. Apabila timing belt rusak atau kendur, perlu penggantian dengan yang baru. Pastikan timing belt terpasang dengan benar dan memegang posisinya dengan baik.

5. Evaluasi Alternator

Periksa kinerja alternator. Pastikan alternator mengisi daya baterai dengan baik. Jika alternator rusak, perbaiki atau ganti dengan yang baru.

6. Periksa Tingkat Oli

Pastikan tingkat oli mesin mencukupi. Jika oli terlalu rendah, isi ulang dengan oli yang sesuai. Periksa juga apakah ada kebocoran atau masalah lain yang menyebabkan oli tidak naik ke bagian atas mesin.

7. Periksa Dinamo Starter

Periksa kestabilan dinamo starter. Pastikan dinamo starter terpasang dengan baik dan tidak kendur. Jika perlu, perbaiki atau ganti dinamo starter yang rusak.

8. Periksa Gigi Pinion Motor Starter

Periksa kondisi gigi pinion motor starter. Jika gigi pinion aus atau rusak, ganti dengan yang baru. Pastikan gigi pinion dapat menautkan flywheel dan dinamo starter dengan baik.

9. Cek Engine Mounting

Periksa kondisi engine mounting. Pastikan engine mounting tidak rusak atau kendur. Jika ada masalah, perbaiki atau ganti engine mounting yang rusak.

Jika mengalami masalah mobil tidak dapat distarter dengan bunyi “tek-tek”, sebaiknya membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik yang berpengalaman.