Takaran Oli Shock Depan Vario 125: Ukuran & Ulasan

Berapa takaran oli shock depan vario 125? Oli pada shock depan adalah komponen penting pada sistem suspensi sepeda motor, termasuk pada Honda Vario 125. Oli yang tepat dan cukup dalam shock depan akan memastikan kinerja suspensi optimal dan membuat pengendara nyaman saat berkendara.

Namun, terdapat kebingungan di kalangan pengendara mengenai jumlah oli yang tepat untuk diisi pada shock depan Honda Vario 125. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai takaran oli yang tepat untuk shock depan Honda Vario 125.

takaran oli shock depan vario 125

Takaran Oli Shock Depan Vario 125

Takaran oli yang tepat pada shock depan Honda Vario 125 sangat penting untuk menjaga kinerja optimal suspensi. Honda merekomendasikan penggunaan oli SAE 10W-30 dengan kapasitas 101 ml per sisi (kiri dan kanan) untuk shock depan Honda Vario 125.

Takaran oli yang sesuai untuk setiap jenis sepeda motor dapat berbeda-beda tergantung pada merek dan model sepeda motor tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti rekomendasi dari pabrikan motor dan menggunakan jenis oli yang tepat untuk motor Anda.

Penggunaan oli yang kurang atau lebih dari takaran yang direkomendasikan dapat memengaruhi kinerja suspensi dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Sebagai contoh, jika takaran oli terlalu sedikit, maka akan menyebabkan shock depan menjadi keras dan menyebabkan getaran yang tidak nyaman saat berkendara. Sementara jika takaran oli terlalu banyak, maka dapat menyebabkan kebocoran dan memperburuk kinerja suspensi.

Mengganti oli shock depan secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja optimal suspensi. Honda merekomendasikan untuk mengganti oli shock depan setiap 12.000 km atau setiap 1 tahun, tergantung pada kondisi penggunaan sepeda motor. Artinya mengganti oli shock depan tergantung dengan penggunaan kendaraan.

Untuk mengganti oli shock depan Honda Vario 125, pastikan untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah dengan benar. Jika merasa kesulitan atau ragu, sebaiknya meminta bantuan dari bengkel resmi atau mekanik yang berpengalaman dalam perawatan motor.