Cara Membuka Jok Motor Vario: 2 Prosedur

Cara membuka jok pada sepeda motor Honda Vario sebenarnya terlihat mudah, namun beberapa orang masih bingung bagaimana caranya karena dilengkapi dengan teknologi pengamanan kunci.

Honda Vario memiliki bagasi yang luas di bawah jok, berguna untuk menyimpan barang bawaan dengan kapasitas sekitar 6 liter. Selain jaket dan jas hujan, jok motor Vario juga dapat menampung helm semi-full face dan terdapat pengait helm di sisi kanan dan kiri seperti pada motor bebek.

Selain itu, tangki bensin juga terletak di bawah bagasi motor Honda Vario sehingga untuk mengisi bensin, bagasi motor harus dibuka terlebih dahulu kemudian membuka tutup tangki bensin.

Dengan berkembangnya teknologi, sistem penguncian pada motor Honda Vario seri terbaru sudah menggunakan tombol sebagai pembuka jok motor. Hanya perlu menekan tombol dan jok motor akan terbuka sendiri. Beberapa tipe bahkan telah meninggalkan penggunaan kunci atau keyless, hanya menggunakan remote dan saklar untuk menghidupkan dan membuka bagasi motor.

Cara Membuka Jok Motor Vario

Berikut ini adalah cara membuka jok motor Vario berdasarkan sistem penguncian:

1. Cara Membuka Jok Motor Vario Non Keyless

cara membuka jok motor vario

Untuk membuka bagasi motor Vario tipe non-keyless atau menggunakan kunci kontak, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menggeser kunci kontak ke posisi seat. Jenis kunci ini banyak digunakan pada Vario tipe 110 dan 125 cc. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Posisikan kunci kontak pada posisi seat (biasanya di antara off dan on).
  • Setelah posisi kunci kontak di seat, tekan tombol seat yang berada di sampingnya. Jok motor akan terbuka secara otomatis tanpa harus turun terlebih dahulu.

2. Cara Membuka Jok Motor Vario Keyless

cara membuka jok motor vario

Sementara untuk Vario 150 terbaru yang menggunakan keyless, proses pembukaan jok motor hampir sama dengan non-keyless, hanya berbeda pada penggunaan kunci yang digantikan oleh remote dan saklar. Berikut adalah langkah-langkah pada Vario keyless:

  • Dekatkan remote ke motor untuk mengidentifikasi pemilik kendaraan terhadap motor dan agar alarm pada motor tidak berbunyi.
  • Posisikan saklar ke posisi seat yang sama seperti pada Vario non-keyless.
  • Tekan tombol seat yang berada di samping saklar. Jok motor akan terbuka secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan akses ke bagian bawah jok untuk melakukan perawatan atau penyimpanan barang-barang.
Oleh karena itu perlu memahami berbagai prosedur atau cara untuk membuka jok motor terutama honda vario. Semoga menambah wawasan pengetahuan.