Efek Pasang Roller 3 Biji: 5 Dampak & Ulasan

Apa saja efek pasang roller hanya 3 biji? Roller pada motor matic memiliki peran penting dalam sistem transmisi otomatisnya. Pemasangan roller yang tepat dapat mempengaruhi performa motor, terutama dalam hal akselerasi dan kecepatan. Salah satu opsi yang sering dilakukan oleh pengguna motor matic adalah memasang roller 3 biji.

Namun, seperti halnya perubahan apapun pada kendaraan, penggunaan roller 3 biji juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, akan dibahas secara lebih rinci tentang efek pasang roller 3 biji pada motor matic.

efek pasang roller 3 biji

Efek Pasang Roller 3 Biji

Roller 3 biji adalah opsi pemasangan roller pada motor matic yang sering dipilih oleh para penggemar modifikasi. Penggunaan roller 3 biji dapat memberikan beberapa efek pada performa motor, baik positif maupun negatif. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang perlu diperhatikan ketika pasang roller 3 biji pada motor matic:

1. Akselerasi lebih cepat

Pemasangan roller 3 biji dapat meningkatkan akselerasi motor. Roller yang lebih berat akan membantu mempercepat putaran mesin saat melakukan akselerasi, sehingga motor matic bisa lebih cepat dan responsif.

2. Top speed menurun

Efek samping dari pemasangan roller 3 biji adalah top speed motor matic yang bisa menurun. Roller yang lebih berat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memperoleh kecepatan maksimum, sehingga batas kecepatan maksimum motor matic akan menurun.

3. Konsumsi bahan bakar meningkat

Pemasangan roller 3 biji juga dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar motor matic. Roller yang lebih berat membutuhkan energi yang lebih banyak untuk memutar mesin, sehingga konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros.

Baca Juga:  Ciri Kompresi Motor Terlalu Padat: 7 Tanda & Perbaikan

4. Getaran mesin meningkat

Getaran mesin juga bisa meningkat ketika menggunakan roller 3 biji. Roller yang lebih berat dapat membuat mesin menjadi lebih bergetar, terutama pada kecepatan tinggi. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan pengendara dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

5. Sistem CVT lebih cepat aus

Pemasangan roller 3 biji dapat mempercepat ausnya sistem CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic. Roller yang lebih berat dapat mempercepat gesekan antara roller dan piringan CVT, sehingga bisa mempercepat ausnya komponen tersebut.

Dari efek samping di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan roller 3 biji pada motor matic memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum memutuskan untuk pasang roller 3 biji, pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor atau efek samping tersebut agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *