Macam Macam Hand Tool: 35 Jenis Dan Fungsi

Macam Macam Hand Tool Dan Fungsi – Hand tool atau alat tangan merupakan alat yang biasanya digunakan oleh tukang kayu, tukang listrik, tukang besi, dan profesi lainnya. Peralatan ini untuk membantu mereka dalam melakukan pekerjaan. Dalam kebanyakan kasus, alat-alat ini berukuran kecil dan digunakan untuk melakukan pekerjaan detail pada benda atau material.

Ada berbagai macam hand tool yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan fungsi dan kegunaannya sendiri-sendiri. Sebelum memulai pekerjaan, sangat penting untuk memahami jenis-jenis hand tool yang tersedia dan kegunaannya agar bisa memilih alat yang tepat untuk pekerjaan yang akan dilakukan.

Dengan memilih alat yang tepat, pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efisien dan akurat, sehingga hasilnya menjadi lebih baik dan memuaskan. Oleh karena itu perlu dipahami terkait jenis atau macam macam hand tool beserta fungsinya.

macam macam hand tool

Macam Macam Hand Tool

Terdapat berbagai jenis atau macam macam hand tool yang digunakan pada perbaikan kendaraan. Berikut adalah beberapa contoh dari macam-macam hand tool:

1. Palu (hammer)

Jenis atau macam macam hand tool yang pertama adalah alat yang sangat umum digunakan dalam pekerjaan konstruksi dan pertukangan. Palu digunakan untuk memaku atau memukul benda seperti paku atau kayu. Palu memiliki kepala yang biasanya terbuat dari logam dan gagang yang terbuat dari kayu atau plastik untuk memudahkan pegangan.

2. Obeng (screwdriver)

Alat yang digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut atau sekrup. Obeng memiliki kepala yang berbentuk segitiga atau kubus yang cocok untuk menyesuaikan kepala sekrup yang hendak dikencangkan atau dilepas. Obeng dapat berukuran bervariasi dan terbuat dari logam atau plastik.

3. Tang (pliers)

Alat yang sering digunakan untuk memegang atau memotong benda seperti kawat atau kabel. Tang memiliki dua bilah yang dapat berbentuk pelipit atau pemotong, serta pegangan yang terbuat dari logam atau plastik. Bentuk dan ukuran tang dapat berbeda-beda, tergantung dari jenis dan ukuran benda yang hendak dipotong atau dipelintir.

4. Gergaji (saw)

Alat yang digunakan untuk memotong benda dengan menggunakan gigi-gigi pada mata gergaji. Gergaji memiliki berbagai jenis dan ukuran, seperti gergaji tangan, gergaji kayu, gergaji besi, dan gergaji mesin. Gigi pada mata gergaji dapat berbeda-beda tergantung dari jenis bahan yang hendak dipotong.

5. Kunci inggris (Adjustable wrench)

Macam macam hand tool yang selanjutnya yaitu kunci inggris. Alat ini digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut atau mur dengan ukuran yang berbeda. Kunci inggris dapat menyesuaikan lebar tangkai untuk menyesuaikan dengan ukuran baut atau mur yang hendak diencangkan atau dilepas.

6. Cutter (utility knife)

Alat yang digunakan untuk memotong benda dengan pisau yang tajam dan sering digunakan untuk membuka kemasan produk. Cutter memiliki pisau yang terbuat dari logam dan pegangan yang terbuat dari plastik. Cutter dapat diganti dengan pisau baru jika pisau yang digunakan sudah tumpul.

7. Bor (drill)

Macam macam hand tool yang selanjutnya adalah bor. Alat yang digunakan untuk membuat lubang pada benda dengan memutar ujung bor. Bor dapat digunakan pada benda yang berbagai jenis bahan seperti kayu, besi, atau beton. Bor biasanya digunakan dengan bantuan mesin bor, namun juga terdapat bor manual yang dapat digunakan dengan tangan.

8. Penggaris (ruler)

Alat yang digunakan untuk mengukur panjang dan lebar benda. Penggaris terbuat dari logam, plastik, atau kayu dan biasanya memiliki satuan pengukuran yang berbeda, seperti centimeter atau inch.

9. Kikir (file)

Alat yang digunakan untuk memperhalus permukaan benda dengan mengikisnya secara perlahan-lahan. Kikir memiliki permukaan yang kasar dan berbentuk seperti gigi dan dapat terbuat dari logam atau batu. Kikir sering digunakan pada benda logam atau kayu.

10. Gunting (scissors)

Macam macam hand tool yang selanjutnya adalah gunting. Gunting merupakan alat yang terdiri dari dua bilah yang berpotongan dan dipasang pada sebuah engsel atau poros. Jenis hand tool ini biasanya digunakan untuk memotong kain, kertas, atau bahan-bahan yang lebih lembut. Bentuk dan ukuran gunting bervariasi, tergantung dari jenis pekerjaan yang hendak dilakukan dan dapat terbuat dari berbagai bahan seperti logam atau plastik. Beberapa jenis gunting yang umum digunakan meliputi gunting kain, gunting kertas, dan gunting dapur.

11. Pisau pemotong kaca (glass cutter)

Jenis hand tool yang selanjutnya adalah pisau pemotong kaca. Alat yang digunakan untuk memotong kaca dengan membuat goresan pada permukaan kaca dan kemudian memecahkannya dengan tangan. Pisau pemotong kaca memiliki ujung yang tajam dan dilengkapi dengan penahan untuk mengatur tekanan pada saat memotong kaca.

12. Pahat (chisel)

Alat yang digunakan untuk memahat atau memotong bahan seperti kayu atau batu. Pahat memiliki ujung yang tajam dan dipasang pada gagang kayu atau plastik untuk memudahkan penggunaan.

13. Gunting besi (tin snips)

Alat yang digunakan untuk memotong bahan seperti plat besi atau aluminium. Gunting besi memiliki dua bilah tajam yang dihubungkan dengan engsel dan dipasang pada pegangan yang terbuat dari logam atau plastik.

13. Sepit pipa (pipe wrench)

Alat yang digunakan untuk mengencangkan atau melepas pipa atau fitting pipa. Sepit pipa memiliki dua bilah yang bergerigi dan dapat menyesuaikan ukuran tangkai untuk menyesuaikan dengan ukuran pipa.

4. Alat pengupas kabel (wire stripper)

Alat yang digunakan untuk mengupas isolasi pada kabel listrik. Wire stripper memiliki mata pisau yang tajam dan dapat menyesuaikan ukuran pada saat pengupasan kabel.

15. Bor tangan (hand drill)

Alat yang digunakan untuk membuat lubang pada benda dengan memutar ujung bor. Bor tangan tidak memerlukan listrik atau mesin dan dapat digunakan dengan tangan.

16. Palu tangan (sledgehammer)

Palu yang digunakan dengan dua tangan dan memiliki kepala yang besar dan berat. Sledgehammer biasanya digunakan untuk pekerjaan konstruksi dan pembongkaran benda.

17. Obeng soket (socket wrench)

Alat yang digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut atau mur dengan ukuran yang berbeda. Obeng soket menggunakan soket atau kepala obeng yang dapat diganti untuk menyesuaikan ukuran baut atau mur yang hendak diencangkan atau dilepas.

18. Meteran (tape measure)

Alat yang digunakan untuk mengukur panjang atau jarak dengan menggunakan pita kain atau logam yang dilengkapi dengan angka atau marka ukuran. Meteran biasanya digunakan dalam pekerjaan konstruksi atau pengerjaan rumah.

19. Gergaji (saw)

Alat yang digunakan untuk memotong bahan seperti kayu atau logam dengan cara menggergajinya dengan berulang-ulang. Gergaji memiliki berbagai jenis dan ukuran, seperti gergaji tangan, gergaji mesin, atau gergaji bulat.

20. Alat pengukur sudut (angle finder)

Alat yang digunakan untuk mengukur sudut atau kemiringan pada suatu benda. Peralatan pengukur sudut biasanya dilengkapi dengan level atau bulat air untuk memastikan kemiringan atau sudut yang diukur tepat.

21. Alat penekuk pipa (pipe bender)

Alat yang digunakan untuk menekuk pipa atau fitting pipa sesuai dengan sudut atau bentuk yang diinginkan. Macam macam hand tool ini biasanya terbuat dari logam dan dilengkapi dengan penjepit untuk memegang pipa saat ditekuk.

22. Pemotong kawat (wire cutter)

Alat yang digunakan untuk memotong kawat atau kabel. Pemotong kawat memiliki bilah tajam yang dipasang pada gagang yang terbuat dari logam atau plastik.

23. Tang (pliers)

Alat yang digunakan untuk memegang atau menggenggam benda kecil atau kabel. Tang memiliki bilah tajam atau gigi yang dipasang pada gagang yang terbuat dari logam atau plastik.

24. Kunci inggris (adjustable wrench)

Alat yang digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut atau mur dengan ukuran yang berbeda. Kunci inggris dapat menyesuaikan ukuran pada saat pengencangan atau pelepasan baut atau mur.

25. Penggaris (ruler)

Jenis peralatan hand tool yang digunakan untuk mengukur panjang atau jarak dengan menggunakan alat pengukur yang biasanya terbuat dari plastik atau logam dan dilengkapi dengan angka atau marka ukuran.

26. Alat pembuka kaleng (can opener)

Macam macam hand tool yang digunakan untuk membuka kaleng dengan cara memotong tutup kaleng pada bagian atasnya. Alat pembuka kaleng biasanya terbuat dari logam dan dilengkapi dengan mata pisau yang tajam.

27. Tang potong (cutting pliers)

Alat yang digunakan untuk memotong benda seperti kawat, kabel, atau pipa. Tang potong biasanya dilengkapi dengan bilah tajam dan bisa dipasang pada benda yang hendak dipotong.

28. Kunci pas (socket wrench)

Alat yang digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut atau mur dengan ukuran yang berbeda. Kunci pas dapat menyesuaikan ukuran pada saat pengencangan atau pelepasan baut atau mur.

29. Obeng pemegang (screwdriver handle)

Alat yang digunakan untuk memasang atau melepas ujung obeng pada sekrup atau baut. Obeng pemegang biasanya dilengkapi dengan gagang yang ergonomis dan dapat memutar ujung obeng dengan lebih mudah.

30. Alat pendorong paku (nail set)

Alat yang digunakan untuk menyetel kepala paku ke dalam kayu atau bahan lainnya dengan menggunakan ujung tajam. Peralatan ini biasanya digunakan untuk menghindari kerusakan pada permukaan kayu atau bahan lainnya saat memaku.

31. Alat pengait (clamp)

Alat yang digunakan untuk memegang benda dengan kuat pada saat pengencangan. Hand tool ini biasanya terdiri dari dua bilah logam yang dapat ditekan bersama dengan kuat untuk memegang benda.

32. Bor (drill)

Alat yang digunakan untuk membuat lubang pada benda dengan memutar ujung bor. Bor dapat digunakan untuk membuat lubang pada benda kayu, logam, atau plastik.

33. Set soket

Jenis hand tool yang selanjutnya adalah set soket. Set soket adalah set alat yang digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan mur dan baut. Alat ini terdiri dari berbagai ukuran soket yang cocok untuk mur dan baut dengan berbagai ukuran, serta pegangan pengunci untuk mengamankan soket pada tempatnya.

34. Meteran

Meteran adalah alat pengukur panjang fleksibel yang digunakan untuk mengukur jarak atau panjang. Hand tool ini tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat digunakan untuk mengukur jarak dalam satuan yang berbeda, seperti inci, sentimeter, atau kaki.

35. Waterpass

Macam macam hand tool yang terakhir yaitu waterpass. Waterpass adalah alat yang digunakan untuk menentukan apakah permukaan sejajar atau vertikal. Komponen ini terdiri dari tabung yang diisi dengan cairan. Cairan ini membantu menentukan apakah permukaan datar.

Diatas adalah ulasan terkait jenis atau macam macam hand tool pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.