Rem Tangan CRV Matic Dimana: Letak Dan Cara Menggunakan

Letak Rem Tangan CRV Matic Dimana Dan Cara Menggunakan – Rem tangan atau hand brake pada kendaraan merupakan salah satu bagian penting yang berfungsi untuk mengunci roda belakang agar kendaraan tidak bergeser saat diparkir. Rem tangan juga dapat digunakan sebagai cadangan saat rem utama mengalami masalah atau untuk memperlambat kendaraan di kondisi darurat.

Pada Honda CRV tipe matic, terdapat dua jenis rem tangan yang digunakan tergantung pada tahun keluaran kendaraan, yaitu rem tangan elektrik dan rem tangan manual. Posisi letak rem tangan juga berbeda-beda tergantung pada jenis rem tangan yang digunakan. Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk mengetahui letak dan cara menggunakan rem tangan pada Honda CRV tipe matic.

rem tangan crv matic dimana

Rem Tangan CRV Matic Dimana?

Rem tangan pada Honda CRV Matic biasanya terletak di antara kursi pengemudi dan penumpang di sebelah kiri. Sistem rem tangan pada mobil ini berupa tuas yang dapat ditarik ke atas untuk mengunci roda belakang mobil.

Untuk menggunakan hand brake pada Honda CRV Matic, pertama-tama pastikan mobil sudah berhenti dan transmisi berada dalam posisi “Park” atau “P”. Tarik tuas rem tangan ke atas hingga roda belakang terkunci. Pastikan rem tangan benar-benar terkunci dengan mencoba untuk menggoyangkan mobil.

Untuk melepas hand brake pada Honda CRV Matic, tekan tombol yang terletak di ujung tuas hand brake sambil menarik tuas ke atas. Setelah itu, letakkan kembali transmisi ke dalam posisi “Drive” atau “D” dan tekan pedal gas perlahan-lahan untuk melepaskan rem tangan.

Pastikan untuk selalu menggunakan rem tangan saat memarkirkan mobil pada kemiringan atau permukaan yang tidak rata. Hal ini penting untuk mencegah mobil bergerak secara tiba-tiba dan mengurangi risiko kecelakaan.

Cara Menggunakan Rem Tangan CRV Matic

Hand brake pada Honda CRV Matic terletak di antara kursi pengemudi dan penumpang di sebelah kiri. Terdapat dua jenis rem tangan yang digunakan pada Honda CRV, yaitu versi elektrik dan manual, tergantung pada tahun keluaran kendaraan.

1. Rem Tangan Elektrik

Untuk Honda CRV dengan rem tangan elektrik, letaknya biasanya berada di konsol tengah atau di sekitar leher setir. Tuas rem tangan hanya berbentuk tombol yang dapat ditekan atau ditarik. Sedangkan pada Honda CRV dengan rem tangan manual, letaknya berada di bawah dekat pedal rem atau di sebelah kanan pedal rem. Penggunaannya hanya seperti pedal rem, yaitu cukup ditekan dan ditarik untuk melepas atau mengerem.

Untuk menggunakan rem tangan pada Honda CRV, pertama-tama pastikan mobil sudah berhenti dan transmisi berada dalam posisi “Park” atau “P”. Untuk rem tangan elektrik, tekan tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan rem tangan. Pada beberapa mode mobil, rem tangan elektrik bisa bekerja secara otomatis saat pengemudi mencapai pedal gas. Namun, pada beberapa kendaraan dengan rem tangan elektrik, pengemudi harus menonaktifkannya secara manual.

2. Rem Tangan Manual

Sedangkan untuk rem tangan manual, cara menggunakannya adalah dengan menekan pedal sebelah kiri pedal rem satu kali untuk mengaktifkannya. Untuk menonaktifkan, cukup injak lagi pedal rem tangan. Pastikan untuk selalu menggunakan rem tangan saat memarkirkan mobil pada kemiringan atau permukaan yang tidak rata untuk mencegah mobil bergerak secara tiba-tiba dan mengurangi risiko kecelakaan.

Diatas merupakan ulasan terkait letak rem tangan crv matic dimana dan cara menggunakan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.