Roller Xeon Berapa Gram: Standar, Harga, Upgrade

Berapa gram ukuran roller yamaha xeon? Roller pada sepeda motor Yamaha Xeon adalah salah satu komponen yang terletak di dalam sistem transmisi. Roller berfungsi untuk membantu mengubah rasio gigi sehingga motor dapat berakselerasi dan melaju dengan kecepatan yang diinginkan.

Untuk mengetahui berapa gram berat roller pada sepeda motor Yamaha Xeon, Anda perlu menyebutkan roller mana yang dimaksud, karena biasanya terdapat beberapa jenis roller dengan berat yang berbeda untuk motor tersebut.

Namun secara umum, roller pada sepeda motor memiliki berat antara 6 hingga 16 gram tergantung dari tipe dan merek motor tersebut. Berat roller yang tepat juga tergantung pada kebutuhan pengendara dan kondisi jalan yang dilalui. Jadi, untuk lebih pastinya maka berikut akan diulas terkait ukuran roller yamaha xeon berapa gram.

roller xeon berapa gram

Roller Yamaha Xeon Berapa Gram?

Roller pada sepeda motor Yamaha Xeon adalah komponen penting pada sistem transmisi sepeda motor. Komponen ini berfungsi untuk membantu mengubah rasio gigi pada CVT (Continuously Variable Transmission) sehingga sepeda motor dapat berakselerasi dan melaju dengan kecepatan yang diinginkan. Dalam sistem transmisi CVT, roller berfungsi sebagai komponen yang terlibat dalam perubahan rasio gigi, dimana roller yang lebih berat dapat memberikan akselerasi yang lebih cepat dan roller yang lebih ringan dapat memberikan kecepatan maksimal yang lebih tinggi.

Sebagai contoh, pada sepeda motor Yamaha Xeon 125, roller yang digunakan biasanya memiliki ukuran 9.5 gram dan 10 gram. Namun, berat roller yang tepat dapat bervariasi tergantung pada tahun produksi atau tipe motor yang dimiliki. Pilihan berat roller dapat dipengaruhi oleh kondisi jalan dan gaya berkendara Anda.

Baca Juga:  Ukuran Piston RX King: Diameter Dan Ulasan

Misalnya, jika Anda sering berkendara di jalan yang bergelombang atau berliku, roller yang lebih berat mungkin lebih cocok untuk digunakan karena dapat memberikan akselerasi yang lebih baik. Namun, jika Anda lebih sering berkendara di jalan yang datar atau lurus, roller yang lebih ringan mungkin lebih sesuai karena dapat memberikan kecepatan maksimal yang lebih tinggi.

Pemilihan roller yang tepat sangat penting untuk memastikan performa sepeda motor optimal dan menghindari kerusakan pada sistem transmisi. Sebaiknya, pastikan Anda memeriksa buku manual atau berkonsultasi dengan mekanik resmi Yamaha untuk mengetahui ukuran roller yang tepat untuk sepeda motor Yamaha Xeon Anda berapa gram.

Ukuran Roller Xeon

Mengetahui ukuran roller yang tepat sangat penting jika Anda ingin melakukan upgrade pada sepeda motor Yamaha Xeon. Berikut ini adalah ukuran standar roller untuk beberapa tipe motor Yamaha Xeon:

  1. Yamaha Xeon Karbu sebesar 10 gram
  2. Yamaha Xeon RC sebesar 9,5 gram
  3. Xeon GT 125 sebesar 9,5 gram

Harga Roller Yamaha Xeon

Untuk roller Xeon original dari Yamaha berapa gram, harga berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 60.000, sedangkan untuk roller Xeon yang bukan produk original, harganya berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 35.000. Ada beberapa jenis atau merk roller baik produk ori ataupun aftermarket yang ada di pasaran. Anda juga dapat membeli roller Yamaha Xeon secara online di aplikasi Shopee, yang menawarkan banyak voucher gratis ongkir serta promo menarik lainnya.

Baca Juga:  Penyebab Oli Power Steering Muntah: 8 Faktor & Cara

Upgrade Roller Yamaha Xeon

Jika Anda ingin mempercepat akselerasi sepeda motor Yamaha Xeon, Anda dapat mengurangi 1-2 tingkat dari ukuran standar roller. Misalnya, jika ukuran standar roller Xeon adalah 10 gram, Anda dapat menggantinya dengan ukuran 8 gram atau 9 gram. Pengurangan berat roller akan mempengaruhi kecepatan.

Sedangkan jika Anda ingin meningkatkan top speed sepeda motor Yamaha Xeon, Anda dapat menambah 1-2 tingkat dari ukuran standar roller. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan top speed Xeon RC, Anda dapat mengubah ukuran roller menjadi 10,5 atau 11,5 gram. Penting untuk dipastikan bahwa ukuran roller yang dipilih sesuai dengan kondisi jalan dan gaya berkendara Anda, sehingga dapat memaksimalkan performa sepeda motor. Sebaiknya, pastikan Anda berkonsultasi dengan mekanik resmi Yamaha untuk mengetahui ukuran roller yang tepat untuk sepeda motor Yamaha Xeon Anda.

Diatas merupakan ulasan terkait ukuran roller yamaha xeon berapa gram, harga, dan upgrade. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.