Cara Menghitung CC Motor 2 Tak: Prosedur & Ulasan

Bagaimana cara menghitung cc motor 2 tak? Pada motor 2 tak, kapasitas cc mengacu pada volume total ruang bakar dalam silinder motor. Perhitungan ini melibatkan informasi seperti diameter piston, langkah piston, dan jumlah silinder. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghitung cc motor 2 tak secara akurat.

Penting untuk mencatat bahwa perhitungan ini hanya memberikan perkiraan kasar dan hasil akhir dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti desain mesin dan volume ruang bakar tambahan. Juga, perlu diingat bahwa perhitungan ini mengasumsikan kondisi ideal dan dapat diubah oleh modifikasi atau penyesuaian mesin.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menghitung kapasitas cc motor 2 tak secara lebih rinci. Motor 2 tak memiliki karakteristik yang unik dan menghitung kapasitas cc-nya membutuhkan beberapa informasi dasar. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara menghitung cc motor 2 tak, Anda akan dapat memahami lebih dalam tentang kapasitas mesin dan karakteristiknya.

cara menghitung cc motor 2 tak

Cara Menghitung CC Motor 2 Tak

Untuk cara menghitung kapasitas cc motor 2 tak, Anda perlu mengetahui beberapa informasi penting, yaitu volume silinder tunggal dan jumlah silinder pada motor. Berikut adalah cara untuk menghitung cc pada motor 2 tak:

1. Tentukan volume silinder tunggal

Volume silinder tunggal pada motor 2 tak dapat dihitung dengan rumus berikut: Volume = (π/4) * (diameter)^2 * stroke. Di sini, π (Pi) adalah konstanta matematika yang sekitar 3,14, diameter adalah diameter piston dalam satuan mm, dan stroke adalah langkah piston dalam satuan mm.

2. Hitung total volume silinder

Untuk menghitung total volume silinder, kalikan volume silinder tunggal dengan jumlah silinder pada motor. Misalnya, jika motor Anda memiliki dua silinder dengan volume silinder tunggal 50 cc, maka total volume silinder adalah 2 * 50 cc = 100 cc.

3. Jumlahkan volume ruang bakar tambahan

Pada motor 2 tak, terdapat volume ruang bakar tambahan yang disebabkan oleh campuran bahan bakar dan minyak pelumas. Biasanya, volume ini sekitar 5-10% dari total volume silinder. Jumlahkan volume ini ke total volume silinder yang telah dihitung sebelumnya.

4. Hasil akhir

Setelah menjumlahkan volume ruang bakar tambahan, Anda akan mendapatkan kapasitas cc motor 2 tak secara keseluruhan.

Rumus CC Pada Motor 2 Tak

Rumus untuk cara menghitung kapasitas cc pada motor 2 tak adalah sebagai berikut:

  • CC = (Volume silinder tunggal) x (Jumlah silinder) x (Jumlah langkah pembakaran dalam satu putaran kruk as) / 1000

Di mana:

  1. Volume silinder tunggal: Volume ruang bakar dalam silinder tunggal pada motor, dihitung dengan rumus (π/4) x (diameter piston)^2 x langkah piston. Diameter piston diukur dalam satuan milimeter (mm), dan langkah piston diukur dalam satuan milimeter (mm).
  2. Jumlah silinder: Jumlah silinder pada motor 2 tak.
  3. Jumlah langkah pembakaran dalam satu putaran kruk as: Pada motor 2 tak, satu putaran kruk as mencakup dua langkah pembakaran (langkah hisap dan langkah kompresi) untuk setiap silinder. Jadi, jumlah langkah pembakaran dalam satu putaran kruk as adalah dua kali jumlah silinder.

Rumus tersebut akan memberikan hasil dalam satuan cc (sentimeter kubik). Pembagian dengan 1000 dilakukan untuk mengkonversi volume dari milimeter kubik (mm^3) menjadi cc.

Perbedaan Perhitungan CC Motor 4 Tak Dan 2 Tak

Perhitungan kapasitas cc pada motor 4 tak dan 2 tak memiliki perbedaan dalam hal jumlah langkah pembakaran yang terlibat. Berikut adalah perbedaan dalam perhitungan cc antara motor 4 tak dan 2 tak:

1. Motor 4 Tak:

Pada motor 4 tak, satu putaran lengkap kruk as melibatkan empat langkah pembakaran: langkah hisap, langkah kompresi, langkah pembakaran, dan langkah buang. Oleh karena itu, dalam perhitungan kapasitas cc motor 4 tak, rumusnya adalah:

CC = (Volume silinder tunggal) x (Jumlah silinder) x (Jumlah langkah pembakaran dalam satu putaran kruk as) / 1000

Di sini, jumlah langkah pembakaran dalam satu putaran kruk as adalah empat kali jumlah silinder.

2. Motor 2 Tak:

Pada motor 2 tak, satu putaran lengkap kruk as melibatkan dua langkah pembakaran: langkah hisap dan langkah kompresi (pembakaran dan buang dilakukan secara bersamaan). Oleh karena itu, dalam perhitungan kapasitas cc motor 2 tak, rumusnya adalah:

CC = (Volume silinder tunggal) x (Jumlah silinder) x (Jumlah langkah pembakaran dalam satu putaran kruk as) / 1000

Di sini, jumlah langkah pembakaran dalam satu putaran kruk as adalah dua kali jumlah silinder.

Perbedaan utama terletak pada jumlah langkah pembakaran dalam satu putaran kruk as. Motor 4 tak melibatkan empat langkah, sedangkan motor 2 tak melibatkan dua langkah. Oleh karena itu, dalam perhitungan cc, jumlah langkah pembakaran digunakan untuk mengkali volume silinder tunggal dan jumlah silinder.

Penting untuk dicatat bahwa ini adalah estimasi kasar dan perhitungan yang lebih akurat dapat dilakukan dengan menggunakan data yang lebih spesifik dan mengacu pada buku panduan motor atau informasi pabrikan. Oleh karena itu pemahaman terkait cara menghitung cc pada motor 2 tak sangat penting.