Warna Kabel CDI Supra: 5 Kabel Dan Fungsi

Warna kabel CDI (Capacitor Discharge Ignition) pada sepeda motor Supra memiliki peran penting dalam sistem pengapian. Sistem ini bertanggung jawab untuk mengontrol saat pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar sehingga mesin dapat beroperasi dengan efisien. Warna kabel CDI tidak hanya memberikan identifikasi visual, tetapi juga mencerminkan fungsi masing-masing kabel dalam sistem pengapian.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai warna kabel CDI pada sepeda motor Supra beserta makna dan peran masing-masing kabel. Pemahaman mendalam terhadap warna-warna ini akan membantu para mekanik dan pengguna sepeda motor untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan dengan lebih baik.

Warna Kabel CDI Supra

Unit CDI pada Honda Supra menunjukkan sejumlah kesamaan dengan beberapa unit CDI yang digunakan pada sepeda motor Honda lainnya, termasuk model-model seperti Star, Astrea Sempurna, Legenda, Supra Series, Revo, dan Win 100.

Setiap unit CDI pada Honda Supra dilengkapi dengan beberapa soket atau terminal. Masing-masing pin CDI pada Honda Supra memiliki peran yang berbeda dan terhubung ke berbagai elemen lain pada sepeda motor. Oleh karena itu, kesalahan dapat terjadi saat merakit atau memasang setiap pin CDI pada Honda Supra. Untuk informasi lebih rinci, berikut adalah ulasan mengenai skema CDI Supra dan soket CDI Supra atau Supra Series.

warna kabel cdi supra

Warna Kabel CDI Honda Supra / Supra Series

Soket CDI pada Honda Supra atau Supra Series sangat sederhana, hanya terdiri dari 5 soket atau terminal, yaitu:

  1. Nomor 1 terhubung dengan input spul, dengan warna kabel hitam – garis merah.
  2. Nomor 2 terhubung dengan koil pengapian, dengan warna kabel hitam – garis kuning.
  3. Pin nomor 3 terhubung dengan input kunci kontak / ignition switch, dengan warna kabel hitam – garis putih.
  4. Nomor 4 terhubung dengan massa / ground (-), dengan warna kabel hijau.
  5. Nomor 5 terhubung dengan pulser / pick up coil, dengan warna kabel biru – garis kuning.

Skema CDI Honda Supra / Supra Series

CDI pada Honda Supra atau Supra Series terdiri dari beberapa elemen elektronika seperti koil, dioda, dan resistor. Untuk informasi lebih lanjut, lihat pola CDI Supra atau Supra berikut:

skema cdi supra

Untuk informasi yang lebih akurat, disarankan untuk merujuk pada buku manual pengguna sepeda motor Supra atau mendapatkan informasi langsung dari produsen atau bengkel resmi. Pemahaman yang jelas terkait dengan warna kabel pada CDI Supra akan membantu dalam perawatan, pemeliharaan, atau perbaikan sistem pengapian sepeda motor Anda.