Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak: 8 Gejala Dan Perbaikan

Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak Penyebab Dan Cara Memperbaiki – Relay starter mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengapian mobil yang bertanggung jawab untuk memicu starter motor. Ketika relay starter rusak, mobil Anda mungkin tidak akan dapat dihidupkan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri jika relay starter mobil Anda rusak agar dapat segera melakukan perbaikan. Beberapa ciri-ciri umum yang dapat menunjukkan adanya relay pada starter mobil rusak adalah sebagai berikut.

ciri-ciri relay starter mobil rusak

Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak

Beberapa ciri-ciri atau tanda-tanda bahwa relay starter mobil rusak antara lain:

1. Mesin mobil tidak berputar

Ciri-ciri pertama relay starter mobil rusak, mesin mobil Anda tidak akan dapat dihidupkan atau berputar saat tombol starter ditekan. Anda mendengar bunyi ‘klik’ atau bunyi lainnya. Hal ini menandakan bahwa relay starter mencoba bekerja. Namun mesin tidak dapat dihidupkan.

2. Bunyi klik-klik ketika starter ditekan

Ciri-ciri lain relay starter rusak, Anda mungkin hanya mendengar bunyi ‘klik-klik’ atau bunyi lainnya ketika tombol starter ditekan. Ini menandakan bahwa starter tidak berfungsi dengan benar. Mesin mobil tidak dapat dihidupkan.

3. Starter motor bekerja terus-menerus

Jika relay starter mobil rusak, starter motor mungkin terus-menerus bekerja bahkan setelah mesin mobil hidup. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem starter dan baterai.

4. Baterai cepat habis

Ciri-ciri selanjutnya relay starter rusak, ini dapat menyebabkan sistem starter bekerja terus-menerus dan memakan daya baterai yang banyak. Ini dapat menyebabkan baterai cepat habis dan kehilangan daya tahan yang normal.

5. Bunyi berdengung atau menggesek

Jika relay starter mobil rusak, Anda mungkin bunyi berdengung.  Hal ini terjadi ketika menekan tombol starter. Kontak yang aus atau kendor pada relay starter menyebabkan bunyi bunyian.

6. Motor mobil mati tiba-tiba

Jika relay starter mobil rusak, motor mobil Anda mungkin mati tiba-tiba saat sedang dikendarai. Ini mungkin disebabkan oleh kontak yang terputus pada relay starter. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan sistem pengapian atau bahan bakar.

7. Starter motor tidak berhenti

Jika relay starter mobil rusak, starter motor mungkin tidak berhenti berputar meskipun kunci kontak sudah dilepas. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem starter dan baterai.

8. Tidak ada tanda-tanda listrik

Ciri-ciri terakhir relay starter mobil rusak, tidak ada tanda-tanda listrik yang terlihat di dalam mobil ketika tombol starter ditekan. Ini menandakan bahwa relay starter tidak berfungsi sama sekali.

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa ciri-ciri di atas, maka ada kemungkinan besar bahwa relay starter mobil Anda mengalami kerusakan. Pastikan untuk segera memperbaiki atau mengganti relay starter mobil untuk menghindari kerusakan yang lebih serius pada mobil Anda.

Penyebab Relay Starter Mobil Rusak

Setelah mengetahui ciri-ciri relay starter mobil rusak maka perlu dipahami penyebabnya. Beberapa penyebab umum rusaknya relay starter mobil adalah sebagai berikut:

1. Kontak relay aus

Kontak relay starter mobil terbuat dari bahan logam yang akan aus seiring waktu dan penggunaan yang intensif. Akibatnya, kontak tersebut tidak dapat lagi membuat sambungan listrik yang kuat, sehingga relay starter tidak dapat memicu starter motor.

2. Korsleting atau arus pendek

Korsleting atau arus pendek dapat terjadi ketika kabel atau sambungan listrik yang terhubung ke relay starter terputus atau terlalu dekat dengan kabel lain, menyebabkan listrik tidak dapat mengalir dengan benar dan menyebabkan ciri-ciri relay starter mobil rusak.

3. Umur pakai

Relay starter mobil juga dapat rusak karena usia pakai yang sudah tua. Setelah bertahun-tahun digunakan, komponen elektronik di dalam relay starter dapat mengalami keausan atau kerusakan, dan akhirnya berhenti berfungsi.

4. Kualitas relay yang buruk

Kualitas relay starter mobil yang buruk atau rendah dapat menyebabkan kerusakan pada relay starter dalam waktu yang singkat. Jadi, pastikan Anda selalu memilih relay starter berkualitas tinggi dan dari merek yang terpercaya.

5. Kerusakan pada baterai

Kerusakan pada baterai mobil seperti baterai yang habis atau baterai yang melemah dapat menyebabkan kerusakan pada relay starter.

Cara Memperbaiki Relay Starter Mobil Rusak

Memperbaiki ciri-ciri relay starter mobil rusak tergantung pada penyebab rusaknya. Berikut adalah beberapa cara umum untuk memperbaiki relay starter mobil rusak:

  1. Membersihkan atau mengganti kontak relay. Jika kontak relay starter aus atau kendor, membersihkannya atau menggantinya dapat membantu mengembalikan fungsi relay starter. Anda dapat membersihkan kontak relay dengan menggunakan amplas halus atau membeli kontak relay yang baru dan menggantinya.
  2. Memeriksa kabel dan sambungan listrik. Memeriksa kabel dan sambungan listrik yang terhubung ke relay starter dapat membantu menemukan kerusakan pada kabel atau sambungan yang menyebabkan arus pendek atau korsleting. Pastikan kabel dan sambungan listrik tidak terlalu dekat dengan kabel lain atau terputus.
  3. Memeriksa dan memperbaiki baterai. Pastikan baterai dalam keadaan baik dan terisi penuh.
  4. Mengganti relay starter yang rusak. Jika relay starter sudah aus atau rusak karena umur pakai atau kualitas yang buruk, maka menggantinya dengan relay starter yang baru adalah pilihan terbaik.

Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan yang cukup dalam perbaikan mobil, sebaiknya membawa mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk memeriksa dan memperbaiki relay starter yang rusak.