Letak Flasher CBR 150 led: Posisi Dan Fungsinya

Fungsi, Cara Kerja, Letak Flasher CBR 150 led – Sepeda motor CBR 150 LED merupakan salah satu jenis sepeda motor produksi Honda. Sepeda motor ini memiliki beberapa komponen penting yang memungkinkannya untuk berfungsi dengan baik, salah satunya adalah flasher.

Flasher adalah komponen elektronik yang digunakan untuk mengatur kecepatan lampu saat berkedip atau berkedip dengan pola tertentu. Letak flasher pada sepeda motor CBR 150 LED menjadi penting. Jika terjadi kerusakan atau masalah pada komponen ini. Maka lampu pada sepeda motor tidak akan berfungsi dengan baik dan dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Oleh karena itu, mengetahui letak flasher, fungsi, dan cara kerja pada sepeda motor CBR 150 LED adalah informasi yang penting bagi para pengendara. Untuk memudahkan dalam melakukan perawatan dan perbaikan pada sepeda motor mereka.

letak flasher cbr 150 led

Fungsi Flasher CBR 150 led

Sebelum mengetahui letak flasher pada cbr 150 led maka perlu dipahami bagaimana cara kerjanya. Flasher pada sepeda motor CBR 150 LED memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya:

1. Mengatur kecepatan lampu

Flasher digunakan untuk mengatur kecepatan lampu saat berkedip atau berkedip dengan pola tertentu, sehingga dapat memberikan tanda kepada pengendara lain di jalan raya.

2. Memberikan tanda bahaya

Saat tombol flasher diaktifkan, lampu pada sepeda motor akan berkedip dengan pola tertentu. Hal ini untuk memberikan tanda kepada pengendara lain bahwa sepeda motor sedang dalam kondisi darurat atau bahaya.

Baca Juga:  Ciri Ciri Sensor TPS Rusak: 7 Tanda Dan Perbaikan

3. Menambah tampilan estetika

Flasher pada sepeda motor CBR 150 LED juga berfungsi untuk menambah tampilan estetika sepeda motor dengan memberikan efek lampu berkedip dengan pola tertentu yang keren dan menarik.

4. Memperbaiki kerusakan lampu

Jika ada masalah dengan lampu pada sepeda motor, seperti tidak berfungsi dengan baik atau tidak menyala sama sekali, maka perbaikan atau penggantian flasher dapat membantu memperbaiki masalah tersebut.

Dalam hal ini, flasher pada sepeda motor CBR 150 LED adalah komponen yang sangat penting karena memiliki fungsi yang beragam dan dapat membantu dalam memberikan tanda keamanan serta meningkatkan estetika sepeda motor.

Cara Kerja Flasher CBR 150 Led

Cara kerja flasher pada sepeda motor CBR 150 LED cukup sederhana. Flasher menggunakan arus listrik yang diterima dari baterai sepeda motor dan kemudian mengalirkannya ke lampu dengan pola tertentu. Ketika tombol flasher diaktifkan, flasher akan memutus dan menyambungkan arus listrik secara periodik, sehingga lampu pada sepeda motor akan berkedip dengan pola tertentu sesuai dengan konfigurasi flasher.

Flasher pada sepeda motor CBR 150 LED memiliki dua kabel yang terhubung ke sistem listrik sepeda motor. Kabel pertama terhubung ke baterai dan kabel kedua terhubung ke lampu. Kabel ini terhubung ke saklar flasher pada sepeda motor, sehingga saat saklar diaktifkan, arus listrik akan mengalir dari baterai melalui flasher dan kemudian ke lampu dengan pola tertentu.

Baca Juga:  Penyebab Kiprok Panas: 4 Faktor Dan Perbaikan

Pola kedipan lampu yang dihasilkan oleh flasher pada sepeda motor CBR 150 LED dapat disesuaikan dan dikonfigurasi sesuai dengan preferensi pengendara. Beberapa pola umum termasuk pola merah-merah atau pola bergantian antara warna merah dan putih. Hal ini memungkinkan sepeda motor untuk menampilkan lampu dengan pola tertentu yang menarik dan unik.

Letak Flasher CBR 150 led

Letak flasher pada sepeda motor CBR 150 LED biasanya di bawah tangki depan atau di bagian belakang di bawah jok. Untuk menemukannya, Anda perlu membuka bagian tersebut dan mencari unit flasher yang biasanya berbentuk kecil dan berwarna hitam atau kuning. Namun, saya menyarankan Anda untuk memeriksa manual pengguna sepeda motor Anda untuk mengetahui letak atau lokasi pasti dari flasher pada CBR 150 led tersebut. Jika Anda kesulitan menemukannya, Anda juga bisa mengunjungi bengkel resmi Honda untuk meminta bantuan dari teknisi mereka.

Diatas adalah ulasan terkait letak flasher CBR 150 led, fungsi, dan cara kerjanya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.