Pada Top Kompresi 4 Katup Yang Disetel & Cara Menentukan

Pada top kompresi 4 katup yang disetel adalah apa saja? Katup adalah salah satu komponen utama dalam mesin otomotif dan berperan penting dalam mengatur aliran udara dan bahan bakar ke dalam ruang bakar, serta memungkinkan pengeluaran gas buang setelah proses pembakaran.

Dalam mesin dengan top kompresi 4, yang memiliki empat katup pada setiap silinder (dua katup inlaet dan dua katup exhaust), pengaturan yang tepat pada katup-katup ini menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Artikel ini akan memberikan ulasan lengkap tentang peran dan pada top kompresi 4 katup yang disetel adalah apa saja.

pada top kompresi 4 katup yang disetel adalah

Pada Top Kompresi 4 Katup Yang Disetel ?

Ketika mesin beroperasi dalam mode TOP Kompresi 4, situasi katup pada masing-masing silinder mengalami perubahan yang kritis dalam siklus pembakaran. Berikut adalah pada top kompresi 4 katup yang disetel yaitu:

  1. Pada silinder keempat, yang berada pada posisi TOP kompresi, kedua katup berada dalam kondisi bebas, artinya mereka tidak mengalami tekanan.
  2. Di sisi lain, pada silinder nomor tiga, mesin berada dalam tahap akhir langkah usaha dan awal langkah buang. Akibatnya, katup masuk (IN) berada dalam posisi bebas, sedangkan katup keluar (EX) berada dalam posisi terbuka, mengalami tekanan.
  3. Pada silinder nomor dua, mesin sedang mengalami akhir langkah isap dan awal langkah kompresi. Oleh karena itu, katup masuk (IN) masih dalam posisi tertekan, sementara katup keluar (EX) berada dalam posisi bebas, tidak mengalami tekanan.
  4. Sementara itu, pada silinder pertama, mesin berada dalam posisi akhir langkah buang dan awal langkah isap, yang di sebut juga sebagai periode overlapping, di mana kedua katup, baik katup masuk (IN) maupun katup keluar (EX), berada dalam posisi terbuka dan mengalami tekanan.
Baca Juga:  Pemeriksaan Sistem Pendingin: 7 Prosedur

Dalam keseluruhan siklus ini, pergerakan dan tekanan pada katup-katup pada setiap silinder di atur dengan cermat untuk mengoptimalkan proses pembakaran dan efisiensi mesin. Hal ini mencerminkan koordinasi yang rumit dalam operasi mesin, yang membantu menghasilkan tenaga dan efisiensi yang di inginkan dalam kendaraan.

Cara Menentukan Celah Klep saat Piston Berada di Posisi TOP 4

Ketika kita ingin menentukan celah klep pada saat piston berada di posisi TOP 1, kita bisa mengikuti panduan berikut: susun urutan katup (FO) di mulai dari angka 1. Untuk menentukan celah klep yang bisa di setel ketika piston berada di posisi TOP 4, kita perlu mengubah urutan ini dengan susunan FO (1-3-4-2) menjadi (4-2-1-3).

Setelah kita memiliki urutan (4-2-1-3), kita dapat menambahkan angka 4 di belakangnya, sehingga urutannya menjadi (4-2-1-3-4). Dengan urutan ini, kita dapat menentukan celah klep mana yang bisa disetel saat piston berada di posisi TOP 4 dengan cara berikut:

  1. Angka 1 dalam urutan (4-2-1-3-4) di coret untuk menunjukkan bahwa celah klep di silinder mesin nomor 1 tidak dapat di setel pada saat piston TOP 4.
  2. Sisi sebelah kiri angka yang di coret menandakan bahwa katup buang (Exhaust Valve) adalah yang bisa di setel. Ini berarti katup buang pada silinder mesin nomor 4.  Dan silinder mesin nomor 2 dapat di setel pada saat TOP 4.
  3. Sisi sebelah kanan angka yang di coret menandakan bahwa katup hisap (Intake Valve) adalah yang bisa di setel. Artinya, katup hisap pada silinder mesin nomor 3 dan silinder mesin nomor 4 dapat di setel pada saat TOP 4.
Baca Juga:  Mesin Diesel Keluar Asap dari Tutup Oli: Penyebab & Perbaikan

Dengan demikian, pada saat piston berada di posisi TOP kompresi 4 dengan urutan mesin 1-3-4-2. Celah klep yang dapat disetel adalah sebagai berikut:

  1. Katup Buang (Exhaust Valve) = Silinder mesin nomor 4 dan silinder mesin nomor 2.
  2. Katup Hisap (Intake Valve) = Silinder mesin nomor 3 dan silinder mesin nomor 4.

Sementara itu, untuk silinder mesin nomor 1, baik katup hisap (intake valve) maupun katup buang (exhaust valve). Tidak dapat di setel pada saat piston berada di posisi TOP 4. Ini merupakan langkah penting dalam pemeliharaan mesin yang memastikan bahwa celah klep sesuai dengan spesifikasi dan mesin beroperasi dengan baik.

Kesimpulan

Dalam mesin dengan top kompresi 4, katup yang disetel dengan benar adalah faktor kunci dalam menjaga kinerja mesin yang optimal. Pengaturan yang tepat pada katup-katup ini memastikan aliran udara, bahan bakar, dan gas buang berjalan dengan efisien. Oleh karena itu, pemilik kendaraan dan mekanik harus memberikan perhatian khusus pada pengaturan katup. Untuk memaksimalkan manfaat dari teknologi top kompresi 4 dan menjaga kinerja mesin yang andal serta efisien.