Kode DTC Daihatsu Grandmax: 15 Kode & Kerusakan

Kode DTC Daihatsu Grandmax Dan Kerusakan – Kode DTC (Diagnostic Trouble Code) adalah kode kesalahan diagnostik yang digunakan untuk mengidentifikasi masalah pada kendaraan. Setiap kendaraan modern memiliki sistem diagnostik yang dapat membaca dan menyimpan kode DTC saat terjadi masalah pada sistem kendaraan, seperti mesin, transmisi, sistem bahan bakar, dan sistem kelistrikan.

Daihatsu Grandmax, sebagai salah satu kendaraan komersial yang populer di Indonesia, juga memiliki sistem diagnostik yang dapat membaca simbol DTC saat terjadi masalah pada sistem kendaraannya. Kode DTC pada Grandmax dapat berbeda-beda tergantung pada jenis mesin dan tahun produksinya.

Pemahaman mengenai kode DTC pada Grandmax sangat penting bagi para teknisi dan penggemar kendaraan untuk mengidentifikasi masalah pada kendaraan dengan tepat. Kode DTC ini dapat membantu teknisi untuk menentukan sumber masalah, mengganti komponen yang rusak, dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kode DTC yang umum ditemukan pada Daihatsu Grandmax. Namun, perlu diingat bahwa kode DTC hanya sebagai petunjuk awal dan tidak dapat dijadikan sebagai diagnosis pasti. Oleh karena itu, sebaiknya kode DTC ini diinterpretasikan oleh teknisi yang berpengalaman untuk mengetahui masalah yang sebenarnya dan melakukan perbaikan yang tepat.

kode dtc daihatsu grandmax

Kode DTC Daihatsu Grandmax

DTC (Diagnostic Trouble Code) atau Kode Kesalahan Diagnostik pada Daihatsu Grandmax bisa berbeda-beda tergantung pada jenis mesin dan tahun produksinya. DTC biasanya muncul pada saat terjadi masalah pada sistem kendaraan dan mesin, sehingga memudahkan teknisi untuk mengidentifikasi masalah dengan menggunakan scanner atau alat diagnostik lainnya.

Kode DTC Pada Mobil Daihatsu

KodeKerusakanDiagnosa Kerusakan
13CKP SignalKabel CKP/CMP sensor, ECU
14CMP SignalKabel CKP/CMP sensor, ECU
18Knock sensorKabel Knock sensor, ECU
29Oksigen sensor (O2)Kabel, O2 sensor, ECU
31MAP (Manifold Absolute Pessure)Kabel, MAP sensor, ECU
41TPS (Throttle Position Sensor)Kerusakan kabel, TP sensor, ECU
42ECT (sensor temp. Mesin)Kabel, ECT sensor, ECU
44Suhu ACKabel, Suhu AC sensor, ECU
51Switch ACKabel, Switch AC sensor, ECU
52VSS (Veheicle Speed Sensor)Kabel, VS sensor, ECU
53Start SinyalKabel, kunci contact, ECU
71(IAC) Idel Air KontrolKabel, IAC valve, ECU
75VVT SensorKabel, VVT Sensor, ECU

Perlu diingat bahwa DTC hanya memberikan petunjuk awal mengenai kemungkinan masalah pada kendaraan dan bukanlah diagnosis yang pasti. Oleh karena itu, sebaiknya kode DTC pada daihatsu grandmax ini diinterpretasikan oleh teknisi yang berpengalaman untuk mengetahui masalah yang sebenarnya dan melakukan perbaikan yang tepat.