Penyebab Starter Motor Lemah: 7 Faktor Dan Perbaikan

Penyebab Starter Motor Lemah Dan Cara Memperbaiki – Starter motor adalah salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor karena berfungsi untuk memulai atau menghidupkan mesin. Namun, seringkali pengemudi mengalami kendala di mana starter motor tidak dapat memutar mesin dengan cepat dan kuat seperti biasanya. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor yang bisa terjadi pada starter motor.

Beberapa penyebab umum dari starter motor yang lemah antara lain adalah baterai yang melemah atau rusak, kabel yang longgar atau rusak, motor starter yang rusak, solenoid starter yang rusak, kotoran pada gigi starter, sistem pembakaran yang rusak, dan mesin yang macet atau aus.

Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk memahami penyebab starter motor yang lemah dan cara memperbaikinya agar dapat menghindari kerusakan yang lebih parah pada kendaraan mereka.

penyebab starter motor lemah

Penyebab Starter Motor Lemah

Terdapat beberapa penyebab starter motor lemah. Starter motor yang lemah bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya:

1. Baterai yang melemah atau rusak

Baterai yang melemah atau rusak dapat menjadi penyebab starter motor menjadi lemah karena starter motor membutuhkan daya listrik yang cukup untuk memutar mesin. Jika baterai tidak memberikan daya yang cukup, maka starter motor akan kesulitan untuk memutar mesin.

2. Kabel yang longgar atau rusak

Kabel yang menghubungkan baterai ke starter motor atau kabel yang menghubungkan starter motor ke mesin dapat menjadi longgar atau rusak akibat keausan atau kerusakan. Apabila kabel longgar atau rusak dapat mengakibatkan hilangnya daya yang dibutuhkan oleh starter motor untuk memutar mesin.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Sensor TPS: 7 Prosedur Dan Ulasan

3. Motor starter yang rusak

Motor starter yang aus atau rusak juga dapat menjadi penyebab starter motor menjadi lemah. Hal ini bisa terjadi karena motor starter yang aus atau rusak akan menghasilkan kekuatan yang lebih rendah daripada motor starter yang berfungsi dengan baik.

4. Solenoid starter yang rusak

Solenoid starter bertanggung jawab untuk menggerakkan starter motor. Jika solenoid starter rusak, maka starter motor mungkin tidak akan dapat bekerja dengan efektif.

5. Kotoran pada gigi starter

Kotoran atau karat pada gigi starter dapat menjadi penyebab hambatan pada putaran mesin. Hal ini dapat mengakibatkan starter motor menjadi lemah karena kotoran atau karat pada gigi starter menghambat gerakan mesin.

6. Sistem pembakaran yang rusak

Sistem pembakaran yang rusak seperti busi atau sistem injeksi bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik, dapat mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan dengan mudah. Hal ini dapat mengakibatkan starter motor menjadi lemah karena mesin yang tidak dapat dihidupkan dengan mudah membutuhkan lebih banyak daya dari starter motor.

7. Mesin yang macet atau aus

Jika mesin macet atau aus, starter motor mungkin tidak mampu memutar mesin dengan cukup cepat karena kekuatan mesin yang kurang.

Demikian beberapa penyebab starter motor yang lemah. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan diagnosa yang akurat dan perbaikan yang tepat tergantung pada penyebab masalahnya.

Baca Juga:  Ciri Ciri Injektor Diesel Bermasalah: 8 Tanda & Ulasan

Cara Memperbaiki Starter Motor Lemah

Cara memperbaiki starter motor yang lemah akan tergantung pada penyebab masalahnya. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Periksa baterai

Jika baterai kendaraan Anda melemah atau rusak, maka starter motor mungkin tidak mampu memutar mesin dengan baik. Pastikan baterai dalam kondisi baik dengan melakukan pengecekan tegangan baterai dan kondisi fisik baterai. Jika baterai rusak, ganti dengan yang baru.

2. Cek kabel

Pastikan kabel penghubung baterai ke starter motor atau kabel penghubung starter motor ke mesin dalam kondisi baik. Periksa apakah ada kabel yang longgar atau rusak dan perbaiki jika diperlukan.

3. Periksa motor starter

Jika motor starter aus atau rusak, maka starter motor tidak dapat bekerja dengan baik. Periksa motor starter untuk memastikan bahwa motor starter dalam kondisi baik. Jika motor starter rusak, ganti dengan yang baru.

4. Periksa solenoid starter

Pastikan solenoid starter dalam kondisi baik. Jika solenoid starter rusak, ganti dengan yang baru.

5. Bersihkan gigi starter

Bersihkan gigi starter dengan menggunakan sikat untuk membersihkan kotoran atau karat yang mungkin terdapat pada gigi starter.

6. Cek sistem pembakaran

Periksa sistem pembakaran seperti busi atau sistem injeksi bahan bakar. Jika ada masalah, perbaiki sistem pembakaran.

7. Cek mesin

Pastikan mesin dalam kondisi baik dan tidak macet atau aus. Jika ada masalah dengan mesin, perbaiki mesin terlebih dahulu.

Baca Juga:  Letak Sensor CKP: 2 Posisi Dan Fungsi

Jika setelah melakukan langkah-langkah tersebut starter motor masih belum dapat berfungsi dengan baik, sebaiknya membawa kendaraan ke bengkel untuk dilakukan diagnosa lebih lanjut. Dalam beberapa kasus, mungkin diperlukan penggantian starter motor yang baru untuk mengatasi penyebab starter motor lemah.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *