Ukuran Roller Nmax: Standar Dan Referensi

Ukuran roller pada motor ini sangat penting dalam proses perawatan dan pembaruan karena setiap motor memiliki detail standar yang berbeda-beda, termasuk ukuran roller pada Yamaha NMax. Yamaha NMax adalah salah satu motor yang sangat laris di pasaran dan memiliki teknologi Variable Valve Actuation. Seperti motor matic umumnya, motor ini menggunakan CVT yang dilengkapi dengan roller di dalamnya.

Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai ukuran roller Yamaha NMax, serta bagaimana mengganti ukuran roller untuk meningkatkan performa motor. Ukuran roller yang tepat akan memengaruhi performa motor, baik itu akselerasi maupun top speed. Oleh karena itu, penting untuk memilih ukuran roller yang sesuai dengan kebutuhan.

ukuran roller nmax

Ukuran Roller NMax

Dalam penggunaan teknologi Variable Valve Actuation pada Yamaha NMAX, terasa sekali pengaruhnya terhadap performa kendaraan. Untuk mengukur perbedaannya, dilakukan tes terhadap performa standar Yamaha NMAX dengan mesin dyno keluaran Sport Devices. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matik bekerja dengan baik untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda sisi belakang. Dengan performa CVT yang baik, tenaga yang diteruskan dari mesin ke roda semakin cepat.

Yamaha NMAX berhasil merebut kembali segmen skuter matik setelah sebelumnya selalu didominasi oleh Astra Honda Motor dengan Honda Beat-nya. Namun, ada satu hal yang menjadi fokus dalam artikel ini, yaitu ukuran roller standard dari Yamaha NMAX. Roller standard tersebut memiliki ukuran sebesar 13 gr (kode 2DP-E7632-00) dengan jumlah 6 biji.

Baca Juga:  Apa itu TMA Dan TMB: Pengertian Dan Fungsi

Jika ingin meningkatkan performa kendaraan, ukuran roller standard NMAX dapat diganti dengan roller Yamaha Xeon 10 gr (kode 44D-E7632-00) atau Yamaha Mio M3 12 gr (kode 2PH-E7632-00), masing-masing dengan jumlah 3 buah. Perlu diingat bahwa roller hanya dapat digunakan hingga jarak 25.000 km dan perlu dilakukan pengecekan setiap 10.000 km sekali.

Referensi Ukuran Roller yang Cocok untuk Yamaha Nmax

Terdapat dua jenis roller yang dapat digunakan pada skutik Yamaha yang memiliki dimensi sama dengan Nmax, yaitu Xeon dan Mio M3. Meskipun memiliki dimensi yang sama, namun berat dari roller tersebut berbeda. Roller Nmax memiliki berat 13 gr, sedangkan Mio M3 memiliki berat 12 gr dan Xeon memiliki berat 10 gr. Roller Xeon dengan kode 44D-E7632-00 memiliki harga termurah sebesar Rp 7.500/biji, sementara Mio M3 dan Nmax memiliki harga yang sama, yaitu Rp 9.000/biji.

Untuk meningkatkan akselerasi motor, dapat mencoba menggunakan roller yang lebih enteng. Hal ini akan membuat puli depan atau variator menjadi lebih lama bertahan pada status kecil sehingga akselerasi menjadi lebih cepat. Misalnya, ukuran roller Mio M3 warna hitam dapat dipasang pada Nmax. Hasilnya, tenaga meningkat sebesar 0,4 dk menjadi 12,8 dk, sedangkan torsi turun sebesar 0,1 N.m.

Roller yang lebih enteng mampu memperbaiki bentuk diagram tenaga pada rpm yang tinggi. Tenaga menjadi lebih merata dari 3.000 hingga 7.000 rpm.

Baca Juga:  Roller Vario 150 Berapa Gram: Berat Dan Harga

Cara Meningkatkan Tenaga Dan Responsibilitas Yamaha NMax

Jika ingin meningkatkan performa pada motor matic seperti Yamaha NMAX, maka perlu dilakukan upgrade pada sistem CVT terlebih dahulu. Elemen yang terdapat pada sistem CVT merupakan kunci utama dalam meningkatkan performa motor.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti bobot roller pada CVT. Untuk pemula yang akan melakukan modifikasi pada ukuran roller Yamaha Nmax, perlu diingat referensi dalam mengganti ukuran roller. Jika ingin mencari akselerasi pada tanjakan, maka ganti roller dengan bobot yang lebih ringan. Namun, jika ingin meningkatkan topspeed, maka ganti roller dengan bobot yang lebih berat dari roller standar.

Sebagai contoh, ukuran roller standar pada Yamaha Nmax adalah 13 gr. Untuk meningkatkan akselerasi pada tanjakan, ganti roller dengan bobot di bawah 13 gr. Sedangkan untuk meningkatkan topspeed, ganti roller dengan bobot di atas 13 gr. Namun, pastikan melakukan pergantian roller dengan teliti.

Diatas merupakan ulasan terkait ukuran roller yamaha nmax, referensi, dan penggantian roller. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.