Fungsi Penyetelan Roda Dengan Camber Positip: 4

Fungsi penyetelan roda dengan camber positif merupakan salah satu aspek penting dalam tuning kendaraan yang dapat mempengaruhi kinerja dan stabilitas mobil. Camber sendiri adalah sudut kemiringan ban mobil terhadap bidang vertikal. Saat camber positif, roda bagian atas akan condong keluar dari kendaraan sedangkan roda bagian bawah akan condong ke dalam kendaraan.

Fungsi utama dari penyetelan camber positif adalah meningkatkan kinerja mobil pada saat bermanuver pada kecepatan tinggi, terutama pada saat melewati tikungan. Camber positif juga dapat membantu memperpanjang umur ban mobil dan mengurangi beban pada suspensi.

Namun, perlu diingat bahwa penyetelan camber harus dilakukan dengan benar dan hati-hati, karena setiap kendaraan memiliki spesifikasi camber yang berbeda tergantung pada jenis dan modelnya. Penyetelan camber yang tidak tepat dapat menyebabkan keausan ban yang tidak merata, berkurangnya traksi, dan bahkan membahayakan keselamatan pengendara dan penumpang. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan penyetelan camber oleh mekanik yang terlatih dan berpengalaman dalam tuning kendaraan.

fungsi penyetelan roda dengan camber positip

Fungsi Penyetelan Roda Dengan Camber Positip Adalah

Penyetelan roda dengan camber positif memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

1. Meningkatkan traksi ban saat melakukan tikungan.

Camber positif membantu menyeimbangkan beban di antara ban depan dan belakang, sehingga roda depan memiliki kontak yang lebih optimal dengan permukaan jalan saat melakukan tikungan. Hal ini membuat mobil lebih stabil dan dapat mempercepat dengan lebih cepat pada tikungan.

Baca Juga:  Fungsi Shockbreaker: 3 Peran, Komponen, Cara Kerja

2. Mengurangi ausnya ban.

Dengan camber positif, bagian dalam ban depan dan bagian luar ban belakang akan terkena beban yang lebih besar. Hal ini membuat ban lebih stabil pada posisi tertentu dan mengurangi ausnya bagian tengah ban yang paling sering digunakan.

3. Mengurangi beban pada suspensi.

Camber positif mengurangi beban pada suspensi dengan mengalihkan sebagian beban ke ban depan dan belakang. Hal ini membuat suspensi lebih tahan lama dan memungkinkan mobil lebih nyaman saat berkendara.

4. Meningkatkan keseimbangan dan handling mobil.

Camber positif membantu menyeimbangkan beban di antara ban depan dan belakang, sehingga membuat mobil lebih stabil saat berkendara pada kecepatan tinggi atau saat melakukan manuver yang tajam.

Namun, perlu diingat bahwa penyetelan camber harus dilakukan dengan benar oleh mekanik yang terlatih dan menggunakan peralatan yang tepat. Camber yang tidak tepat bisa menyebabkan keausan ban yang tidak merata dan mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan.