Cara Pengecekan Pompa Oli Baik Atau Tidak: 7 Cara

Bagaimana cara pengecekan apakah pompa oli baik atau tidak? Pompa oli adalah salah satu komponen penting dalam sistem pelumasan mesin kendaraan, karena bertugas memompa oli ke seluruh bagian mesin untuk memberikan pelumasan yang dibutuhkan. Karena perannya yang sangat vital, penting untuk melakukan pengecekan rutin pada pompa oli untuk memastikan bahwa ia berfungsi dengan baik.

Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa cara untuk pengecekan apakah pompa oli baik atau tidak, sehingga dapat menghindari masalah yang lebih serius pada mesin kendaraan Anda.

cara pengecekan pompa oli baik atau tidak

Cara Pengecekan Pompa Oli Baik Atau Tidak

Berikut adalah beberapa cara untuk pengecekan apakah pompa oli baik atau tidak:

1. Periksa level oli

Langkah pertama dalam mengecek pompa oli adalah dengan memeriksa level oli. Pastikan bahwa level oli pada tongkat pengukur berada pada level yang sesuai dengan rekomendasi pabrik. Jika level oli terlalu rendah, maka pompa oli mungkin tidak berfungsi dengan baik karena kurangnya tekanan oli.

2. Periksa tekanan oli

Periksa tekanan oli dengan menggunakan alat pengukur tekanan oli. Tekanan oli normal biasanya berkisar antara 20-60 psi tergantung pada jenis kendaraan. Jika tekanan oli terlalu rendah, maka pompa oli mungkin tidak berfungsi dengan baik.

3. Perhatikan bunyi mesin

Bunyi mesin yang tidak normal dapat menjadi indikasi bahwa pompa oli tidak berfungsi dengan baik. Bunyi mesin yang kasar atau berderak dapat menunjukkan bahwa pompa oli tidak memberikan pelumasan yang cukup pada mesin.

4. Periksa kondisi filter oli

Filter oli yang kotor atau tersumbat dapat mempengaruhi kinerja pompa oli. Periksa kondisi filter oli secara berkala dan ganti jika perlu.

5. Periksa saluran oli

Pastikan saluran oli tidak tersumbat atau rusak. Saluran oli yang rusak atau bocor dapat mempengaruhi tekanan oli dan kinerja pompa oli.

6. Periksa suhu mesin

Jika mesin terlalu panas, maka pompa oli mungkin tidak berfungsi dengan baik. Pastikan bahwa sistem pendingin mesin berfungsi dengan baik dan mesin tidak mengalami overheat.

7. Perhatikan indikator lampu

Jika lampu indikator oli menyala atau berkedip, maka ini dapat menunjukkan masalah pada pompa oli atau sistem pelumasan mesin secara keseluruhan.

Itulah beberapa cara untuk pengecekan apakah pompa oli baik atau tidak. Jika Anda merasa ada masalah dengan pompa oli, segera periksakan kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Perawatan yang rutin dan pemantauan secara berkala pada pompa oli dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih serius pada mesin kendaraan Anda.