Cara Mengatasi Oli Naik Ke Filter Udara: 6 Prosedur

Bagaimana cara mengatasi oli naik ke filter udara? Sistem pelumasan mesin motor yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan masalah seperti oli naik ke filter udara. Oli yang naik ke filter udara dapat menimbulkan berbagai masalah seperti menurunkan kinerja mesin dan mengurangi umur mesin.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya. Pada kesempatan ini, saya akan membahas cara mengatasi masalah oli naik ke filter udara pada mesin motor.

cara mengatasi oli naik ke filter udara

Cara Mengatasi Oli Naik Ke Filter Udara

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah oli naik ke filter udara pada mesin motor:

1. Periksa sistem pelumasan

Periksa sistem pelumasan secara berkala dan pastikan bahwa sistem tersebut berfungsi dengan baik. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada sistem pelumasan dan periksa apakah pompa oli bekerja dengan baik.

2. Periksa tingkat minyak

Periksa tingkat minyak pada mesin dan pastikan bahwa minyak tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tingkat minyak yang terlalu banyak dapat menyebabkan tekanan yang tinggi pada sistem pelumasan, sementara tingkat minyak yang terlalu sedikit dapat menyebabkan kekeringan pada bagian mesin.

3. Ganti filter oli

Filter oli yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan tekanan pada sistem pelumasan. Pastikan untuk mengganti filter oli secara teratur sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Baca Juga:  Kelebihan Noken As Lift Tinggi: 5 Faktor & Ulasan

4. Ganti klep PCV

Klep PCV atau Positive Crankcase Ventilation Valve dapat menjadi penyebab oli naik ke filter udara jika tidak berfungsi dengan baik. Klep PCV yang rusak atau tersumbat perlu diganti agar dapat berfungsi dengan baik.

5. Periksa tekanan udara pada crankcase

Periksa tekanan udara pada crankcase dan pastikan bahwa tekanan tersebut berada dalam kisaran normal. Tekanan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan oli naik ke filter udara.

6. Ganti ring piston atau klep

Ring piston atau klep yang aus atau rusak dapat menyebabkan tekanan berlebih pada sistem pelumasan dan membuat oli naik ke filter udara. Ganti ring piston atau klep jika memerlukan.

7. Periksa throttle body

Throttle body yang kotor atau rusak dapat menyebabkan masalah pada sistem pelumasan dan membuat oli naik ke filter udara. Pastikan untuk membersihkan atau mengganti throttle body jika perlu.

Jika setelah melakukan upaya perbaikan di atas masalah tetap terjadi, sebaiknya segera membawa mesin motor ke bengkel atau ahli mesin untuk mendapatkan perbaikan lebih lanjut. Oleh karena itu pemahaman terkait cara mengatasi oli yang naik ke filter udara sangat penting.