Putaran Setir Mobil Terlalu Banyak: 5 Penyebab

Apa penyebab setir mobil terlalu banyak? Putaran setir mobil yang terlalu banyak dapat memberikan efek yang tidak nyaman saat berkendara. Hal ini biasanya terjadi ketika setelan speleng stir mobil tidak tepat atau ada masalah pada sistem kemudi mobil. Pada artikel ini, akan dijelaskan lebih detail mengenai penyebab dan cara mengatasi putaran setir mobil yang terlalu banyak.

putaran setir mobil terlalu banyak

Putaran Setir Mobil Terlalu Banyak

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan putaran setir mobil terlalu banyak, di antaranya:

1. Setelan Speleng Stir yang Tidak Tepat

Setelan speleng stir yang terlalu longgar atau terlalu ketat dapat membuat putaran setir mobil terlalu banyak. Jika setelan speleng stir terlalu longgar, maka putaran kemudi mobil akan semakin lebar dan sulit dikendalikan. Sedangkan jika setelan speleng stir terlalu ketat, putaran kemudi mobil akan terlalu sempit dan sulit dikendalikan saat melaju pada kecepatan tinggi.

2. Kerusakan pada Komponen Kemudi

Kerusakan pada komponen kemudi seperti tie rod, ball joint, atau rack and pinion dapat membuat putaran setir mobil terlalu banyak. Hal ini dapat membuat kemudi menjadi lepas dan sulit dikendalikan, sehingga putaran kemudi mobil semakin lebar.

3. Ban Mobil yang Bermasalah

Ban mobil yang bermasalah seperti ban yang tidak seimbang atau ban yang sudah aus dapat membuat putaran kemudi mobil terlalu banyak. Hal ini terjadi karena ban yang bermasalah tidak mampu menghadapi tekanan saat mobil berjalan, sehingga membuat mobil menjadi tidak stabil dan putaran kemudi menjadi semakin lebar.

Baca Juga:  Langkah Vario 125: Spesifikasi Dan Pengaruhnya

4. Pelumasan pada Sistem Kemudi yang Kurang Baik

Pelumasan pada sistem kemudi yang kurang baik juga dapat membuat putaran setir mobil terlalu banyak. Jika sistem kemudi tidak dilumasi dengan baik, maka akan terjadi gesekan yang lebih besar pada komponen-komponen pada sistem kemudi. Hal ini dapat membuat putaran setir menjadi semakin lebar dan sulit dikendalikan.

5. Keausan pada Komponen Kemudi

Keausan pada komponen-komponen pada sistem kemudi dapat membuat putaran kemudi mobil terlalu banyak. Hal ini dapat membuat kemudi menjadi lepas dan sulit dikendalikan, sehingga putaran kemudi mobil semakin lebar.

Cara Memperbaiki Putaran Setir Mobil Terlalu Banyak

Cara memperbaiki putaran setir mobil yang terlalu banyak tergantung pada penyebab utama dari masalah tersebut. Berikut adalah beberapa cara umum untuk memperbaiki putaran kemudi mobil yang terlalu banyak:

1. Setel Ulang Speleng Stir

Jika penyebab utama dari masalah putaran kemudi mobil terlalu banyak adalah setelan speleng stir yang tidak tepat, maka solusinya adalah dengan menyetel ulang speleng stir. Pastikan untuk menyetel sesuai dengan spesifikasi mobil Anda dan tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Anda dapat melakukannya sendiri dengan alat yang sesuai atau membawanya ke bengkel terpercaya.

2. Periksa Komponen-Komponen pada Sistem Kemudi

Jika setelan speleng stir sudah benar, namun putaran setir masih terlalu banyak, kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada komponen-komponen pada sistem kemudi seperti tie rod, ball joint, atau rack and pinion. Periksa kondisi komponen-komponen tersebut dan pastikan tidak ada yang aus atau rusak.

Baca Juga:  Penyebab Lampu Motor Redup: 12 Faktor & Perbaikan

3. Ganti Ban Mobil yang Bermasalah

Jika ban mobil bermasalah seperti ban yang tidak seimbang atau sudah aus, maka solusinya adalah dengan mengganti ban mobil yang bermasalah. Pastikan untuk memilih ban yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda dan sesuai dengan kondisi jalan.

4. Periksa Pelumasan pada Sistem Kemudi

Pastikan pelumasan pada sistem kemudi sudah baik dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Jika kurang pelumas, segera tambahkan pelumas pada komponen-komponen pada sistem kemudi yang membutuhkan.

5. Ganti Komponen Kemudi yang Sudah Aus

Jika penyebab putaran kemudi yang terlalu banyak adalah keausan pada komponen-komponen pada sistem kemudi, maka solusinya adalah dengan mengganti komponen-komponen yang sudah aus dengan yang baru. Pastikan untuk memilih komponen-komponen yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda dan sesuai dengan kondisi jalan yang akan dilalui.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan secara berkala pada setelan speleng stir, komponen-komponen pada sistem kemudi, dan ban mobil. Apabila putaran setir mobil terlalu banyak maka perlu mencari tahu penyebab dan cara memperbaiki.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *