Menyetel Speleng Stir Mobil: 6 Cara Dan Efek

Bagaimana cara menyetel speleng stir mobil? Setelan atau speleng stir mobil yang tepat sangat penting untuk menjamin kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Speleng stir adalah jarak antara posisi stir yang terpusat ke depan dan posisi roda depan saat kendaraan berada dalam kecepatan rendah.

Jika setelan speleng stir tidak sesuai, maka mobil Anda bisa menjadi sulit untuk dikendalikan, terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas cara menyetel speleng stir mobil yang benar.

menyetel speleng stir mobil

Menyetel Speleng Stir Mobil

Berikut adalah ulasan lengkap terkait cara menyetel speleng stir mobil yang benar:

1. Persiapan

Sebelum memulai menyetel speleng stir mobil, pastikan Anda mempersiapkan beberapa alat seperti kunci inggris, meteran, dan kunci pas. Pastikan juga mobil dalam kondisi yang aman dan stabil saat Anda melakukan penyetelan.

2. Cari Tahu Spesifikasi Mobil Anda

Setiap jenis mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, termasuk setelan speleng stir. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui spesifikasi mobil Anda sebelum mulai menyetel. Anda bisa mencari informasi tersebut di manual kendaraan atau menanyakannya pada mekanik yang ahli.

3. Atur Speleng Stir dengan Meteran

Untuk menyetel speleng stir, pertama-tama Anda perlu memarkir mobil pada tempat yang rata dan aman. Selanjutnya, letakkan meteran di samping roda depan dan ukur jarak antara titik tengah kiri dan kanan roda depan. Setelah itu, ukur juga jarak antara titik tengah kiri dan kanan bagian belakang roda depan.

Baca Juga:  Tahanan Lampu Motor Agar Tidak Putus: 10 Solusi

4. Sesuaikan Speleng Stir

Setelah mengetahui ukuran roda depan mobil Anda, mulailah menyetel speleng stir. Caranya, lepaskan mur pengunci di ujung batang luar dari tie rod end dan putar bagian tengah tie rod end sampai jarak pada roda depan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Pastikan untuk menyetel tie rod end secara simetris pada kedua sisi mobil.

5. Cek Kembali

Setelah menyetel speleng stir mobil, pastikan untuk menguji kendaraan pada kecepatan rendah. Pastikan roda depan sejajar dan kendaraan tidak berbelok ke kiri atau kanan dengan sendirinya. Jika masih ada masalah pada setelan speleng stir, cek kembali dan sesuaikan sampai sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

6. Bawa ke Bengkel Terpercaya

Jika Anda kesulitan atau merasa kurang yakin dalam menyetel speleng stir mobil, sebaiknya bawa mobil ke bengkel terpercaya untuk mendapatkan pemeriksaan dan penyetelan yang lebih profesional.

Efek Speleng Stir Mobil Tidak Tept

Speleng stir mobil yang tidak tepat dapat memberikan efek yang berbahaya dan mengganggu kenyamanan saat berkendara. Berikut adalah beberapa efek yang dapat terjadi akibat setelan speleng stir mobil yang tidak tepat:

1. Sulit Mengendalikan Mobil

Speleng stir mobil yang terlalu lebar atau sempit dapat membuat Anda kesulitan dalam mengendalikan mobil. Jika terlalu lebar, mobil akan cenderung terlalu longgar dan sulit dikendalikan. Sedangkan jika terlalu sempit, mobil akan cenderung kaku dan berat saat diarahkan. Hal ini tentu saja sangat berbahaya saat Anda berkendara pada kecepatan tinggi atau di jalanan yang berkelok.

Baca Juga:  Umur Shockbreaker Mobil: Faktor Dan Cara Merawat

2. Risiko Kecelakaan

Setelan speleng stir yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara. Jika speleng stir terlalu lebar, mobil bisa berbelok dengan sendirinya, terutama saat melaju pada kecepatan tinggi. Hal ini dapat menyebabkan mobil tidak bisa dikendalikan dengan baik dan meningkatkan risiko kecelakaan. Selain itu, setelan speleng stir yang terlalu sempit juga dapat membuat mobil sulit dikendalikan, terutama saat menghadapi kondisi jalan yang sulit.

3. Ban Mobil Cepat Aus

Speleng stir yang tidak tepat juga dapat membuat ban mobil cepat aus. Jika speleng stir terlalu lebar, maka roda depan akan cenderung bergesekan dengan permukaan jalan pada sudut yang lebih besar dari biasanya. Hal ini dapat membuat ban depan mobil cepat aus dan tidak tahan lama. Sedangkan jika speleng stir terlalu sempit, maka roda depan akan cenderung bergerak terus-menerus, sehingga ban depan mobil juga cepat aus.

4. Menguras Konsumsi Bahan Bakar

Setelan speleng stir yang tidak tepat juga dapat menguras konsumsi bahan bakar mobil. Jika speleng stir terlalu lebar, mobil akan cenderung tidak stabil saat dikendarai dan membutuhkan gaya yang lebih besar untuk mengarahkan roda depan. Hal ini akan menguras konsumsi bahan bakar mobil. Sedangkan jika speleng stir terlalu sempit, maka mobil akan cenderung lebih berat saat dikendarai, sehingga membutuhkan lebih banyak energi dan bahan bakar.

Baca Juga:  Tegangan Listrik Yang Dihasilkan Alternator: Wujud & Karakter

Demikianlah cara menyetel speleng stir mobil yang benar dan efek setelan tidak tepat. Setelan yang tepat akan membuat kendaraan lebih nyaman dan aman saat dikendarai. Pastikan untuk melakukan penyetelan secara rutin dan berkala untuk menjaga kondisi kendaraan Anda tetap prima dan aman dalam berkendara.