Cara Memperbaiki Worm Steer: 7 Prosedur

Bagaimana cara memperbaiki worm steer? Worm steer atau juga dikenal dengan nama “manual steering” adalah sistem kemudi pada mobil yang menggunakan roda gigi berbentuk ulir (worm gear) dan sekrup berbentuk ulir (worm screw) untuk menghubungkan stir dengan kemudi. Meskipun sistem kemudi ini sudah jarang dipakai pada mobil modern, namun masih banyak mobil lawas yang masih menggunakan sistem ini.

Saat mengalami masalah, worm steer dapat mengalami berbagai macam kerusakan seperti sulit berputar, berat saat diputar, atau bahkan miring ke satu sisi saat dikemudikan. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk memperbaiki worm steer pada mobil Anda.

cara memperbaiki worm steer

Cara Memperbaiki Worm Steer

Berikut adalah ulasan lengkap terkait cara memperbaiki worm steer pada mobil:

1. Cek Fluida Hidraulik

Jika worm steer pada mobil Anda menggunakan sistem hidraulik, pastikan fluida hidraulik tidak kotor atau habis. Cek juga apakah terdapat kebocoran pada sistem hidraulik. Jika terdapat kebocoran atau fluida hidraulik sudah kotor, segera ganti atau tambah fluida hidraulik yang baru.

2. Periksa Kondisi Ban

Kondisi ban mobil yang kurang baik, bisa menyebabkan sulitnya worm steer bergerak dengan lancar. Pastikan kondisi ban mobil Anda dalam keadaan baik dan sesuai dengan ukuran yang dianjurkan oleh pabrik.

3. Periksa Bagian-bagian yang Aus atau Rusak

Sering kali, worm steer mengalami kerusakan akibat aus atau rusaknya bagian-bagian penting seperti worm gear atau worm screw. Jika terdapat kerusakan pada bagian ini, sebaiknya dilakukan penggantian komponen yang rusak dengan yang baru dan sesuai dengan merek dan tipe mobil Anda.

Baca Juga:  Diameter Piston Supra X 125: Ukuran & Ulasan

4. Periksa Keseimbangan Roda

Jika terdapat perbedaan pada keseimbangan roda mobil Anda, bisa mempengaruhi kinerja worm steer. Pastikan roda mobil Anda seimbang dan terpasang dengan baik.

5. Periksa Sambungan pada Komponen Kemudi

Sambungan pada komponen kemudi seperti tie rod atau ball joint dapat menjadi penyebab worm steer sulit berputar. Pastikan sambungan pada komponen kemudi dalam keadaan baik dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

6. Lakukan Penyetelan pada Worm Steer

Jika penggunaan worm steer pada mobil Anda sudah cukup lama, mungkin perlu melakukan proses penyetelan kembali. Hal ini dapat membantu memperbaiki worm steer yang sulit berputar atau berat saat proses kemudi.

7. Bawa ke Bengkel Terpercaya

Jika setelah melakukan perbaikan sendiri, masalah pada worm steer masih terjadi, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya. Bengkel dapat melakukan pemeriksaan lebih mendalam dan memberikan solusi terbaik untuk masalah pada worm steer.

Demikianlah beberapa cara untuk memperbaiki worm steer pada mobil Anda sebelum melakukan proses pembongkaran. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin pada worm steer agar tetap dapat berfungsi dengan baik dan aman ketika Anda mengemudikan mobil.