Ukuran Lift Noken As Tiger Standar: Spek & Ulasan

Ukuran lift noken as standar adalah salah satu faktor penting dalam menentukan performa mesin sepeda motor termasuk honda tiger. Lift noken as standar memiliki peran yang signifikan dalam mengatur pergerakan klep dan aliran udara dalam ruang bakar.

Standar ukuran lift noken as pada sepeda motor Honda Tiger berpengaruh langsung terhadap durasi dan pergerakan klep. Lift noken as merujuk pada jarak vertikal dari tengah noken as ke titik tertinggi dari lengan noken as yang menekan klep. Pabrikan Honda telah menentukan lift noken as standar yang dianggap optimal untuk performa dan karakteristik mesin Tiger standar.

Lift noken as standar ini memberikan performa yang baik dalam kondisi normal. Selain itu telah melalui penelitian dan pengujian yang cermat oleh pabrikan Honda. Namun, penting untuk dicatat bahwa besar lift noken as dapat berbeda tergantung pada versi atau tahun produksi motor. Serta kemungkinan adanya perubahan yang dilakukan pada noken as oleh pemilik motor dalam upaya modifikasi atau tuning.

Dalam artikel ini, kami juga akan membahas implikasi dari penggantian dan standar ukuran lift noken as pada performa mesin Tiger standar. Meskipun modifikasi noken as dengan lift yang berbeda dapat dilakukan untuk mengoptimalkan performa mesin, perlu dipertimbangkan konsekuensi dan penyesuaian lain yang mungkin diperlukan pada komponen mesin dan sistem bahan bakar.

ukuran lift noken as standar tiger

Ukuran Lift Noken As Tiger Standar

Ukuran lift noken as standar pada sepeda motor Honda Tiger memiliki peran penting dalam mengatur durasi dan pergerakan klep pada mesin. Lift noken as mengacu pada jarak vertikal dari tengah noken as ke titik tertinggi dari lengan noken as yang menekan klep. Pada Tiger standar, ukuran lift noken as yang umum digunakan adalah sekitar 8,8 mm untuk lift intake (masuk). Sementara 8,5 mm untuk lift exhaust (buang).

Lift noken as standar ini ditentukan oleh pabrikan dan dianggap optimal. Hal ini sesuai performa dan karakteristik mesin Tiger standar. Lift intake yang lebih besar dibandingkan dengan lift exhaust membantu dalam meningkatkan aliran udara ke dalam ruang bakar. Hal ini terjadi saat proses hisap, sementara lift exhaust yang lebih kecil membantu dalam pembuangan gas buang.

Lift noken as standar pada Tiger memberikan keseimbangan yang baik antara tenaga, torsi, dan respons mesin. Meskipun ukuran lift standar ini telah dirancang untuk memberikan performa yang baik dalam kondisi normal. Masih ada kemungkinan untuk melakukan modifikasi pada noken as dengan lift yang berbeda untuk mengoptimalkan performa mesin. Hal ini tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengendara.

Namun, perlu diingat bahwa melakukan perubahan pada lift noken as dapat mempengaruhi karakteristik mesin. Selain itu memerlukan penyesuaian lain pada komponen mesin dan sistem bahan bakar. Mengganti noken as dengan lift yang lebih besar mungkin memerlukan perubahan pada komponen lain. Bagian tersebut seperti klep, pegas klep, dan sistem penggerak klep untuk mengimbangi perubahan tersebut.

Jika Anda tertarik untuk mengganti noken as dengan lift yang berbeda pada sepeda motor Honda Tiger, disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik yang berpengalaman atau ahli modifikasi motor untuk memastikan kompatibilitas dan pengaturan yang tepat agar performa mesin tetap optimal dan aman. Namun apabila mesin standar maka alangkah baiknya memakai ukuran lift noken as standar pada honda tiger.