Defogger Adalah: Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

Fungsi Komponen Dan Cara Kerja Defogger – Defogger atau demister adalah sistem pemanas pada kaca mobil yang digunakan untuk menghilangkan embun atau kabut pada kaca mobil. Sistem pemanas kaca sangat penting untuk menjaga visibilitas pengemudi saat berkendara, terutama pada kondisi cuaca yang buruk.

Mekanisme ini biasanya terpasang pada kaca belakang mobil, namun beberapa mobil juga dilengkapi dengan sistem defogger pada kaca depan. Sistem pemanas kaca pada kaca depan menggunakan aliran udara dari sistem AC mobil untuk membantu menghilangkan embun atau kabut pada kaca depan.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan embun atau kabut pada kaca mobil antara lain perbedaan suhu antara dalam dan luar mobil, kelembaban udara, dan sirkulasi udara yang buruk di dalam mobil. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi, komponen, dan cara kerja defogger atau sistem pemanas kaca akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

defogger adalah

Defogger Adalah?

Defogger adalah sebuah sistem pemanas pada kaca belakang mobil yang berfungsi untuk menghilangkan embun atau kabut yang terbentuk pada kaca belakang mobil saat kondisi udara dingin atau lembab. Sistem pemanas kaca terdiri dari beberapa elemen pemanas yang terletak pada kaca belakang mobil dan dapat diaktifkan melalui tombol atau saklar yang terdapat pada dashboard mobil.

Ketika sistem defogger diaktifkan, arus listrik dialirkan ke elemen pemanas pada kaca belakang mobil, yang kemudian memanaskan kaca dan menghilangkan embun atau kabut yang terbentuk. Beberapa mobil juga dilengkapi dengan sistem pemanas kaca pada kaca depan untuk membantu menghilangkan embun atau kabut yang terbentuk pada kaca depan mobil.

Sistem pemanas kaca pada mobil sangat penting untuk menjaga visibilitas pengemudi saat berkendara, terutama pada kondisi cuaca yang buruk. Jika sistem pemanas kaca tidak berfungsi dengan baik, pengemudi dapat mengalami kesulitan melihat jalan dan pengemudi lainnya pada saat berkendara, sehingga dapat membahayakan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, sebaiknya sistem pemanas kaca diperiksa secara berkala dan diperbaiki jika ditemukan masalah.

Fungsi Defogger

Fungsi utama dari defogger adalah untuk menghilangkan embun atau kabut yang terbentuk pada kaca belakang mobil saat kondisi udara dingin atau lembab. Kondisi cuaca seperti ini dapat menyebabkan kaca belakang mobil menjadi berkabut atau berembun, yang dapat mengganggu visibilitas pengemudi saat berkendara.

Dengan menggunakan sistem defogger, elemen pemanas pada kaca belakang mobil akan memanaskan kaca dan menghilangkan embun atau kabut yang terbentuk, sehingga pengemudi dapat melihat jalan dan pengemudi lainnya dengan lebih jelas. Beberapa mobil juga dilengkapi dengan sistem defogger pada kaca depan untuk membantu menghilangkan embun atau kabut yang terbentuk pada kaca depan mobil.

Selain fungsi utama untuk menghilangkan embun atau kabut pada kaca mobil, defogger juga dapat membantu menjaga kebersihan kaca mobil dengan mengurangi jumlah kotoran dan debu yang menempel pada kaca mobil. Fungsi defogger yang baik sangat penting untuk menjaga keselamatan berkendara, terutama pada kondisi cuaca yang buruk atau saat berkendara di daerah-daerah yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi.

Komponen Defogger

Beberapa komponen utama pada sistem defogger mobil adalah:

1. Elemen Pemanas

Elemen pemanas adalah komponen yang paling penting dalam sistem pemanas kaca mobil. Bagian ini terdiri dari beberapa kawat atau serat yang terletak pada kaca belakang mobil dan dapat dipanaskan saat sistem defogger diaktifkan.

2. Saklar

Saklar atau tombol adalah komponen yang digunakan untuk mengaktifkan dan mematikan sistem pemanas kaca pada mobil. Komponen ini biasanya terletak pada dashboard atau pada konsol tengah mobil.

3. Kabel dan Konektor

Kabel dan konektor adalah komponen yang digunakan untuk menghubungkan elemen pemanas dan saklar pada sistem pemanas kaca mobil. Bagian ini harus terpasang dengan benar dan bersih dari korosi untuk menjaga kinerja sistem defogger.

4. Relay

Relay adalah komponen elektronik yang berfungsi untuk mengatur aliran arus listrik pada sistem defogger mobil. Bagian ini dapat membantu mencegah kerusakan pada sistem pemanas kaca jika terjadi beban listrik yang berlebihan.

5. Sekring

Sekring adalah komponen yang berfungsi untuk melindungi sistem pemanas kaca dari kerusakan akibat beban listrik yang berlebihan. Komponen ini harus dipilih dengan benar dan harus diganti jika terjadi kerusakan.

6. Pengkondisi Udara

Pengkondisi udara atau AC juga dapat membantu menghilangkan embun atau kabut pada kaca mobil. Saat sistem AC diaktifkan, udara yang mengalir akan lebih kering dan dapat membantu menghilangkan embun atau kabut pada kaca mobil.

Semua komponen di atas bekerja sama untuk memastikan kinerja yang optimal pada sistem pemanas kaca mobil.

Cara Kerja Defogger

Cara kerja defogger adalah sebagai berikut:

  1. Saat sistem pemanas kaca diaktifkan, saklar atau tombol akan mengirimkan sinyal listrik ke relay.
  2. Relay akan mengatur aliran listrik pada elemen pemanas pada kaca belakang mobil, yang kemudian akan memanaskan kaca belakang.
  3. Pemanasan pada kaca belakang mobil akan menghilangkan embun atau kabut yang terbentuk pada kaca belakang.
  4. Setelah beberapa waktu, sistemakan mati atau dapat dimatikan secara manual melalui saklar atau tombol defogger.

Beberapa mobil juga dilengkapi dengan sistem pemanas kaca pada kaca depan. Cara kerja sistem defogger pada kaca depan mirip dengan kaca belakang. Namun, pada kaca depan menggunakan aliran udara dari sistem AC mobil. Hal ini untuk membantu menghilangkan embun atau kabut pada kaca depan.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi, komponen, dan cara kerja defogger pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.