Komponen Rem Parkir Mobil: 8 Bagian Dan Cara Kerja

Komponen Rem Parkir Mobil Dan Fungsinya – Sistem rem parkir pada mobil adalah bagian penting dari sistem rem.  Sistem rem parkir pada mobil terdiri dari beberapa komponen yang harus berfungsi dengan baik.

Salah satu komponen utama dari sistem rem parkir pada mobil adalah rem parkir itu sendiri. Ada beberapa komponen tambahan yang berperan penting dalam sistem ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa komponen penting dari sistem rem parkir pada mobil. Tujuan untuk membantu pemilik mobil memahami fungsi dan pentingnya merawat sistem rem parkir dengan baik.

komponen rem parkir mobil

Komponen Rem Parkir Mobil

Rem parkir pada mobil terdiri dari beberapa komponen, di antaranya adalah:

1. Tuas rem parkir

Tuas rem parkir merupakan komponen utama dalam sistem rem parkir pada mobil. Fungsinya adalah untuk mengunci roda belakang mobil ketika parkir. Mobil tidak bergeser atau bergerak dari tempat parkirnya. Pengoperasian tuas rem parkir sangat mudah.  Caranya dengan menarik ke atas atau mendorong ke bawah.

2. Kabel rem parkir

Kabel rem parkir merupakan penghubung antara tuas rem parkir dan rem parkir di roda belakang mobil. Menarik tuas rem parkir, kabel rem parkir menarik rem parkir di roda belakang. Akibatnya roda belakang terkunci dan mobil tidak bisa bergerak. abel rem parkir perlu secara berkala untuk memastikan bahwa kabel tidak rusak. Hal ini dapat mengurangi efektivitas sistem rem parkir.

3. Piringan rem parkir

Piringan rem parkir terletak di bagian dalam roda belakang mobil. Mengaktifkan piringan rem parkir akan menekan bantalan rem ke dalam cakram rem. Roda belakang terkunci dan mobil tidak bisa bergerak. Memeriksa piringan rem parkir perlu secara berkala untuk memastikan bahwa piringan tidak aus atau rusak, yang dapat mengurangi efektivitas sistem rem parkir.

4. Bantalan rem parkir

Bantalan rem parkir adalah bagian dari sistem rem parkir di mobil yang terpasang pada cakram rem belakang. Fungsinya adalah untuk menekan piringan rem parkir ke cakram rem ketika rem parkir diaktifkan, sehingga roda belakang terkunci dan mobil tidak bisa bergerak. Memeriksa bantalan rem parkir perlu secara berkala untuk memastikan bahwa bantalan tidak aus atau rusak, yang dapat mengurangi efektivitas sistem rem parkir.

5. Master cylinder

Master cylinder adalah komponen penting pada sistem rem pada mobil. Fungsinya adalah untuk menghasilkan tekanan hidrolik yang dibutuhkan untuk mengaktifkan rem pada mobil. Pada sistem rem parkir, master cylinder juga berfungsi sebagai pompa hidrolik untuk mengaktifkan rem parkir pada roda belakang. Perawatan dan perbaikan berkala pada master cylinder sangat penting untuk memastikan bahwa sistem rem pada mobil selalu berfungsi dengan baik dan aman.

6. Brake shoes

Brake shoes adalah komponen rem parkir yang digunakan pada mobil dengan sistem rem tromol pada roda belakang. Bagian terletak di dalam drum rem pada roda belakang dan berfungsi sebagai penghentian roda ketika rem parkir diaktifkan. Perawatan dan penggantian brake shoes yang tepat waktu sangat penting untuk menjaga efektivitas sistem rem parkir pada mobil.

7. Brake cable

Brake cable adalah kabel rem parkir yang menghubungkan tuas rem parkir dengan brake shoes di dalam drum rem pada roda belakang mobil. Komponen ini memungkinkan aktuasi rem parkir secara manual melalui tuas rem parkir. Memeriksa brake cable secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan atau aus yang dapat mengurangi efektivitas sistem rem parkir.

8. Spring

Spring adalah komponen tambahan pada sistem rem parkir yang digunakan untuk mengembalikan rem parkir ke posisi awal setelah tuas rem parkir dilepaskan. Pegas ini biasanya terpasang pada brake shoes di dalam drum rem pada roda belakang. Pastikan spring dalam kondisi yang baik untuk memastikan sistem rem parkir pada mobil selalu berfungsi dengan baik dan aman. Penting untuk memeriksa kondisi rem parkir pada mobil secara berkala.

Cara Kerja Rem Parkir Mobil

Rem parkir pada mobil bekerja dengan menggunakan mekanisme hidrolik atau mekanik untuk mengunci roda belakang dan mencegah mobil bergerak ketika diparkir. Ada dua jenis sistem rem parkir pada mobil, yaitu:

1. Sistem rem parkir mekanik

Mengaktifkan sistem rem parkir mekanik dengan menarik tuas rem parkir di kabin mobil. Menarik tuas rem parkir, kabel rem parkir akan menarik brake shoes di dalam drum rem pada roda belakang. Brake shoes akan mendorong drum rem ke arah luar, dan mengunci roda belakang pada mobil. Bagian ini akan ditarik kembali oleh spring ke posisi semula apab. Roda belakang akan terlepas dari kunci rem.

2. Sistem rem parkir hidrolik

Mengaktifkan sistem rem parkir hidrolik dengan menekan pedal rem parkir di kabin mobil. Menekan fluida hidrolik akan mengalir dari master cylinder ke caliper rem pada roda belakang. Caliper rem akan menekan brake pad pada cakram rem pada roda belakang dan mengunci roda belakang pada mobil. Ketika melepas pedal rem, fluida hidrolik akan mengalir kembali ke master cylinder, dan roda belakang akan terlepas dari kunci rem.

Perawatan dan perbaikan berkala pada semua komponen sistem rem parkir sangat penting. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.