Fungsi Knuckle Arm: 4 Peran, Bagian, Cara Kerja

Fungsi utama dari knuckle arm adalah untuk menghubungkan roda depan dengan sistem suspensi dan kemudi mobil. Knuckle arm juga memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas dan keseimbangan mobil saat melaju di jalan.

Selain itu, knuckle arm juga bertanggung jawab dalam mengatasi gaya-gaya yang terjadi pada roda depan saat mobil berbelok, memperlambat, atau berakselerasi. Knuckle arm harus mampu menahan beban dari roda dan memindahkan beban tersebut ke sistem suspensi.

Selain fungsi utamanya, knuckle arm juga berperan dalam menentukan posisi roda depan dan sudut caster dan camber. Sudut caster dan camber adalah dua parameter yang sangat penting untuk mengatur kestabilan mobil saat melaju di jalan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang fungsi knuckle arm, bagaimana knuckle arm bekerja, dan mengapa knuckle arm sangat penting dalam menjaga stabilitas dan keseimbangan mobil.

fungsi knuckle arm

Fungsi Knuckle Arm

Terdapat beberapa fungsi dari komponen knuckle arm pada kendaraan diantaranya yaitu:

  1. Fungsi utama dari knuckle arm adalah untuk menghubungkan roda depan dengan sistem suspensi dan kemudi mobil. Komponen ini terletak di antara suspensi dan roda, dan berperan dalam menyalurkan beban dari roda ke sistem suspensi.
  2. Selain itu, fungsi knuckle arm juga memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas dan keseimbangan mobil saat melaju di jalan. Komponen ini membantu menstabilkan sudut kemiringan roda (camber), sudut putar (caster), dan sudut kemiringan sumbu roda (kingpin).
  3. Ketiga sudut tersebut sangat penting dalam menjaga stabilitas dan keseimbangan mobil saat berjalan. Jika salah satu sudut tersebut tidak teratur, maka akan mengakibatkan masalah dalam handling mobil, terutama pada saat belok dan akselerasi.
  4. Selain itu, knuckle arm juga memiliki fungsi dalam mengurangi getaran dan kebisingan yang disebabkan oleh pergerakan roda. Komponen ini mampu menyerap kejutan dari jalan yang dapat merusak roda atau sistem suspensi.

Dalam keseluruhan, fungsi knuckle arm merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem suspensi mobil. Fungsi utamanya adalah untuk menghubungkan roda dengan sistem suspensi dan kemudi mobil, serta menjaga stabilitas dan keseimbangan mobil saat melaju di jalan.

Bagian knuckle arm

Knuckle arm terdiri dari beberapa bagian yang saling terhubung dan memiliki fungsi secara sinergis untuk menjalankan tugasnya. Berikut adalah bagian-bagian utama dari knuckle arm:

1. Lower arm atau lengan bawah

Bagian ini berfungsi sebagai penghubung antara knuckle arm dengan chassis mobil. Lower arm biasanya terbuat dari logam yang kuat dan fleksibel untuk menahan beban mobil dan menyerap kejutan dari jalan.

2. Upper arm atau lengan atas

Bagian ini juga berfungsi sebagai penghubung antara knuckle arm dengan chassis mobil. Upper arm biasanya lebih pendek dari lower arm dan posisinya terletak di atas lower arm. Upper arm digunakan untuk menstabilkan sudut camber dan caster pada roda depan mobil.

3. Ball joint atau sendi bola

Bagian ini berfungsi sebagai sambungan antara knuckle arm dan tie rod end pada sistem kemudi mobil. Ball joint memungkinkan knuckle arm untuk bergerak dalam berbagai arah, terutama saat mobil berbelok atau berakselerasi.

4. Wheel hub atau hub roda

Bagian ini berfungsi sebagai sambungan antara knuckle arm dengan roda mobil. Wheel hub berputar saat mobil berjalan dan memungkinkan roda untuk bergerak dengan lancar.

5. Bearing atau bantalan

Bagian ini berfungsi untuk mengurangi gesekan antara knuckle arm dan wheel hub saat mobil bergerak. Bearing juga membantu memperpanjang umur knuckle arm dan mengurangi kebisingan dari pergerakan roda.

6. Bushing atau peredam getaran

Bagian ini berfungsi untuk menyerap getaran dari jalan dan mengurangi kebisingan yang disebabkan oleh pergerakan roda. Bushing biasanya terbuat dari bahan karet atau poliuretan yang fleksibel dan tahan lama.

Keseluruhan bagian-bagian dari knuckle arm saling terhubung dan bekerja sama untuk menjalankan fungsi dan tugasnya dalam sistem suspensi dan kemudi mobil.

Cara Kerja Knuckle Arm

Cara kerja knuckle arm pada mobil terutama berkaitan dengan perannya dalam sistem suspensi dan kemudi. Berikut adalah penjelasan tentang cara kerja knuckle arm pada mobil:

  1. Menghubungkan roda dengan sistem suspensi. Knuckle arm terhubung langsung dengan roda dan sistem suspensi mobil. Saat mobil berjalan, knuckle arm menyalurkan beban dari roda ke sistem suspensi untuk menahan beban mobil dan menyerap kejutan dari jalan.
  2. Menjaga stabilitas dan keseimbangan mobil. Knuckle arm memainkan peran penting dalam menjaga sudut kemiringan roda (camber), sudut putar (caster), dan sudut kemiringan sumbu roda (kingpin). Jika salah satu sudut tersebut tidak teratur, maka mobil dapat kehilangan stabilitas dan keseimbangan saat berjalan, terutama pada saat belok dan akselerasi.
  3. Membantu pengendalian dan kemudi mobil. Knuckle arm juga berfungsi sebagai sambungan antara sistem suspensi dan sistem kemudi mobil. Bagian ball joint pada knuckle arm menyambungkan knuckle arm dengan tie rod end pada sistem kemudi. Saat kemudi mobil diputar, knuckle arm akan bergerak sesuai dengan arah yang ditentukan untuk mengarahkan roda sesuai dengan arah yang diinginkan.
  4. Menyerap getaran dan kebisingan. Knuckle arm juga membantu menyerap kejutan dari jalan dan mengurangi getaran dan kebisingan yang disebabkan oleh pergerakan roda. Bagian bearing dan bushing pada knuckle arm bekerja untuk mengurangi gesekan dan getaran pada komponen suspensi dan kemudi mobil.

Keseluruhan, knuckle arm bekerja secara sinergis dengan komponen lain dalam sistem suspensi dan kemudi mobil untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan mobil saat berjalan, serta membantu mengurangi getaran dan kebisingan. Oleh karena itu sangat penting memahami fungsi, bagian, dan cara kerja dari knuckle arm.