Fungsi Lower Arm: 4 Peran, Bagian, Cara Kerja

Fungsi utama lower arm adalah untuk menopang berat mobil dan memastikan bahwa roda bergerak sejalan dengan permukaan jalan. Lower arm terhubung ke kerangka mobil dan merayap ke bawah untuk menopang knuckle atau hub yang memegang roda.

Ketika mobil bergerak, lower arm bekerja sama dengan komponen lain dalam sistem suspensi untuk menyerap kejutan dan getaran dari jalan, sehingga memberikan kenyamanan dan stabilitas saat mengemudi. Lower arm juga memungkinkan mobil untuk melakukan gerakan suspensi yang kompleks, seperti ketika melewati jalan yang tidak rata atau ketika berbelok.

Lower arm terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti logam atau aluminium. Namun, karena bekerja di bawah beban berat dan terpapar elemen luar seperti air dan debu, lower arm rentan terhadap keausan dan kerusakan. Jika lower arm rusak, dapat menyebabkan masalah dalam sistem suspensi dan mengganggu kemampuan mobil untuk menjaga stabilitas dan kenyamanan saat berkendara.

Oleh karena itu, perawatan dan perbaikan lower arm sangat penting untuk memastikan kinerja dan fungsi mobil yang optimal. Penting bagi pemilik mobil untuk memahami fungsi dan peran lower arm dalam sistem suspensi mobil mereka dan melakukan perawatan teratur untuk memastikan bahwa lower arm tetap berfungsi dengan baik.

fungsi lower arm

Fungsi Lower Arm

Lower arm, atau sering juga disebut control arm atau A-arm, adalah bagian dari sistem suspensi mobil yang bertanggung jawab untuk menopang berat kendaraan dan menghubungkan roda dengan rangka mobil. Berikut adalah beberapa fungsi utama lower arm pada mobil:

1. Menjaga stabilitas dan kenyamanan saat berkendara

Fungsi pertama lower arm bekerja sama dengan komponen suspensi lainnya untuk menyerap kejutan dan getaran dari jalan, sehingga memberikan kenyamanan dan stabilitas saat mengemudi.

Baca Juga:  Cara Buang Angin Power Steering: 6 Langkah & Efek

2. Memastikan roda bergerak sejalan dengan permukaan jalan

Lower arm menopang knuckle atau hub yang memegang roda dan memastikan bahwa roda bergerak sejalan dengan permukaan jalan.

3. Menjaga geometri suspensi

Lower arm juga memainkan fungsi penting dalam menjaga geometri suspensi mobil. Saat mobil berbelok, lower arm memungkinkan suspensi untuk melakukan gerakan kompleks sehingga roda tetap sejajar dan tidak menyebabkan gesekan berlebihan pada ban.

4. Menjaga keamanan saat berkendara

Jika lower arm rusak atau aus, dapat menyebabkan masalah dalam sistem suspensi dan mengganggu kemampuan mobil untuk menjaga stabilitas dan kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, menjaga kondisi fungsi lower arm yang baik sangat penting untuk menjaga keamanan saat berkendara.

Jenis lower arm yang digunakan pada mobil dapat bervariasi, tergantung pada jenis mobil dan desain suspensi. Beberapa mobil menggunakan lower arm tunggal sementara yang lain menggunakan lower arm ganda. Lower arm juga dapat dilengkapi dengan bushing atau bearing untuk mengurangi gesekan dan kebisingan saat bergerak.

Bagian Lower Arm Mobil

Setelah memahami fungsi lower arm maka perlu memahami bagian bagiannya. Lower arm, juga dikenal sebagai control arm atau A-arm, adalah salah satu komponen penting dalam sistem suspensi mobil yang terletak di bagian bawah mobil. Berikut adalah beberapa bagian dari lower arm pada mobil:

1. Bushing

Bushing adalah bantalan yang terletak di antara lower arm dan rangka mobil atau subframe. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengurangi getaran dan kebisingan yang terjadi saat mobil bergerak dengan lower arm.

Baca Juga:  Fungsi Flasher pada Mobil: 8 Peran Dan Cara Kerja

2. Ball joint

Ball joint atau sendi bola adalah bagian penting dari lower arm yang menghubungkan lower arm ke knuckle atau hub yang memegang roda. Komponen memungkinkan lower arm untuk bergerak saat mobil berbelok dan mengikuti permukaan jalan yang tidak rata.

3. Baja

Lower arm terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti baja atau aluminium. Baja digunakan untuk memberikan kekuatan dan kekakuan pada lower arm sehingga dapat menopang berat mobil dan menahan kekuatan dari suspensi saat mobil bergerak.

4. Suspension bushing

Suspension bushing adalah bantalan yang terletak di antara lower arm dan knuckle atau hub. Bushing ini berfungsi untuk menyerap getaran dan kejutan dari jalan dan memastikan roda tetap sejajar dengan permukaan jalan.

5. Mounting bracket

Mounting bracket adalah bracket atau penyangga yang terletak di ujung lower arm dan terhubung ke subframe atau rangka mobil. Komponen ini memberikan fungsi dukungan dan stabilitas pada lower arm dan memastikan lower arm terpasang dengan aman dan kokoh.

Kondisi dan perawatan yang baik pada lower arm sangat penting untuk memastikan kinerja dan keamanan mobil yang optimal. Jika lower arm mengalami kerusakan atau aus, dapat menyebabkan masalah dalam sistem suspensi.

Cara Kerja Lower Arm Pada Mobil

Lower arm pada mobil bekerja dengan cara menopang berat mobil dan menghubungkan roda dengan rangka mobil. Berikut adalah cara kerja lower arm pada mobil secara lebih rinci:

  1. Menopang berat mobil. Lower arm menopang berat mobil dan membantu mendistribusikan beban pada suspensi mobil. Ketika mobil bergerak, lower arm menahan gaya vertikal dan lateral dari jalan yang ditransfer ke roda.
  2. Memungkinkan gerakan suspensi. Lower arm memungkinkan gerakan kompleks pada suspensi mobil, termasuk pergerakan vertikal dan lateral. Ketika mobil melaju pada permukaan jalan yang tidak rata, lower arm membantu menyerap getaran dan kejutan dari jalan sehingga memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara.
  3. Menjaga geometri suspensi. Lower arm memainkan peran penting dalam menjaga geometri suspensi mobil. Saat mobil berbelok, lower arm memungkinkan suspensi untuk melakukan gerakan kompleks sehingga roda tetap sejajar dan tidak menyebabkan gesekan berlebihan pada ban.
  4. Menghubungkan roda dengan rangka mobil. Lower arm menghubungkan knuckle atau hub yang memegang roda dengan subframe atau rangka mobil. Hal ini memungkinkan roda untuk bergerak saat mobil berbelok dan memastikan bahwa roda bergerak sejajar dengan permukaan jalan.
  5. Memastikan keamanan saat berkendara. Lower arm yang baik dan terawat dapat meningkatkan keamanan saat berkendara. Jika lower arm rusak atau aus, dapat menyebabkan masalah dalam sistem suspensi dan mengganggu kemampuan mobil untuk menjaga stabilitas dan kenyamanan saat berkendara.
Baca Juga:  Steering Main Shaft: Fungsi, Bagian, Dan Cara Kerja

Dalam kerja sama dengan komponen suspensi lainnya, fungsi lower arm sangat penting dalam memberikan kenyamanan, stabilitas, dan keamanan saat berkendara. Selain itu perlu dipahami juga terkait bagian dan cara kerjanya.