Persneling Motor Bunyi Cetok: 5 Faktor & Perbaikan

Seringkali pengendara mengalami masalah bunyi cetok pada persneling motor yang tidak diinginkan saat melakukan perpindahan gigi. Bunyi ini bisa menjadi pertanda adanya masalah pada persneling motor yang perlu ditangani dengan cepat.

Bunyi “cetok” pada persneling bukan hanya mengganggu, tetapi juga dapat menjadi tanda adanya kerusakan atau ketidaksempurnaan pada komponen transmisi. Memahami penyebab bunyi ini dan mengetahui cara mengatasi masalahnya akan membantu menjaga kinerja dan keandalan persneling motor, serta mencegah kerusakan yang lebih serius.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab umum bunyi cetok pada persneling motor dan memberikan solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan pemahaman yang baik tentang masalah ini, Anda akan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memperbaiki persneling motor dan menjaga kinerjanya yang optimal.

persneling motor bunyi cetok

Persneling Motor Bunyi Cetok

Bunyi cetok yang terdengar pada persneling dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah beberapa penyebab umum bunyi cetok pada persneling motor:

1. Pelumas yang kurang atau kotor

Tingkat pelumas yang rendah atau pelumas yang kotor pada persneling dapat menyebabkan gesekan yang tidak diinginkan antara komponen persneling. Hal ini dapat menghasilkan bunyi “cetok” saat perpindahan gigi. Penting untuk memeriksa dan mengganti pelumas transmisi sesuai dengan rekomendasi pabrikan secara teratur.

2. Sistem kopling yang aus atau rusak

Kopling yang aus atau rusak dapat mengakibatkan perpindahan gigi yang tidak lancar dan menghasilkan bunyi “cetok”. Saat kopling terkikis atau komponen-komponennya aus, maka proses perpindahan gigi menjadi tidak tepat dan menghasilkan gesekan yang tidak normal.

3. Masalah pada sistem sinkronisasi

Sistem sinkronisasi pada persneling berfungsi untuk menyelaraskan putaran gigi-gigi sebelum perpindahan gigi. Jika sistem sinkronisasi mengalami kerusakan atau aus, persneling mungkin tidak dapat berpindah dengan lancar, menghasilkan bunyi “cetok” saat perpindahan gigi.

4. Komponen persneling yang aus atau rusak

Gigi gigi pada persneling yang aus atau rusak dapat menyebabkan bunyi “cetok” saat gigi-gigi bersentuhan atau saat terjadi perpindahan gigi. Ini bisa terjadi karena ketidakseimbangan antara gigi-gigi yang terkikis atau komponen persneling yang longgar.

5. Penggunaan yang kasar atau tidak tepat

Pengendara yang melakukan perpindahan gigi dengan kasar atau tidak tepat dapat menyebabkan bunyi cetok pada persneling motor. Tekanan yang tidak tepat pada tuas persneling atau penggunaan yang tidak benar saat mengoperasikan kopling dapat menyebabkan gesekan yang menghasilkan bunyi tersebut.

Cara Memperbaiki Persneling Motor Bunyi Cetok

Memperbaiki bunyi “cetok” pada persneling motor bergantung pada penyebab yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa langkah umum yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah bunyi cetok pada persneling:

1. Periksa tingkat dan kondisi pelumas

Pastikan tingkat pelumas pada persneling motor mencukupi dan kualitasnya baik. Jika pelumas kurang atau kotor, gantilah dengan pelumas baru sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

2. Ganti pelat kopling

Jika bunyi “cetok” terjadi saat kopling di lepaskan, mungkin ada masalah dengan pelat kopling yang aus atau rusak. Dalam hal ini, perlu mengganti pelat kopling yang rusak dengan yang baru.

3. Periksa dan ganti komponen persneling yang aus

Gigi persneling yang aus atau rusak dapat menyebabkan bunyi “cetok”. Periksa gigi persneling secara menyeluruh dan gantilah komponen yang aus atau rusak dengan yang baru.

4. Perbaiki sistem sinkronisasi

Jika bunyi “cetok” terjadi saat perpindahan gigi, ada kemungkinan masalah pada sistem sinkronisasi. Sistem sinkronisasi yang rusak dapat menyebabkan gesekan tidak normal antara gigi-gigi persneling. Perbaikan atau penggantian komponen yang rusak mungkin di perlukan untuk memperbaiki masalah ini.

5. Penyetelan tuas persneling

Kadang-kadang, bunyi “cetok” dapat di sebabkan oleh penyetelan yang tidak tepat pada tuas persneling. Coba lakukan penyetelan ulang pada tuas persneling untuk memastikan perpindahan gigi yang tepat.

Jika Anda mengalami bunyi cetok yang tidak normal pada persneling saat perpindahan gigi motor, maka perlu untuk membawa motor Anda ke bengkel atau mekanik yang berpengalaman untuk pemeriksaan lebih lanjut dan perbaikan. Mereka akan dapat mengidentifikasi penyebab yang lebih spesifik dan mengambil tindakan perbaikan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.