Ciri Ciri Bendik Starter Motor Rusak: 10 Gejala & Perbaikan

Ciri Ciri Bendik Starter Motor Rusak Dan Cara Memperbaiki – Bendik starter motor adalah komponen penting dalam sistem starter mobil atau kendaraan bermotor yang bertanggung jawab untuk memutar mesin saat pertama kali dinyalakan.

Jika bendik starter motor rusak, maka starter motor tidak akan berfungsi dengan benar dan mesin mobil tidak dapat dihidupkan. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri bendik starter motor rusak dan bagaimana cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri bendik starter motor rusak

Ciri Ciri Bendik Starter Motor Rusak

Bendix atau bendik starter motor adalah komponen yang bertugas untuk menggerakkan gigi flywheel pada mesin untuk memulai proses pengapian mesin. Berikut adalah beberapa ciri-ciri bendik starter motor yang rusak:

1. Bunyi klik-klik saat tombol starter ditekan

Ciri ciri pertama bendik starter motor rusak yaitu terdengan bunyi klik klik. Saat Anda menekan tombol starter dan mendengar bunyi klik-klik, itu menunjukkan bahwa motor starter bekerja dengan baik, tetapi bendix starter motor tidak berfungsi dengan benar. Kemungkinan besar, solenoid atau magnet yang menggerakkan bendix starter motor telah rusak atau aus. Solusi yang tepat adalah mengganti solenoid atau magnet yang rusak.

2. Mesin tidak mau hidup

Selain itu ciri ciri bendik starter motor rusak yaitu mesin tidak mau hidup. Jika mesin tidak mau hidup atau mengalami kesulitan untuk hidup meskipun Anda sudah menekan tombol starter berkali-kali, itu bisa menjadi tanda bahwa bendix starter motor rusak. Saat Anda menekan tombol starter, bendix starter motor harus menggerakkan gigi flywheel pada mesin dan memutar mesin untuk memulai proses pengapian. Jika bendix starter motor tidak berfungsi dengan benar, maka mesin tidak akan menyala. Solusi yang tepat adalah memeriksa dan mengganti bendix starter motor yang rusak.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Worm Steer: 7 Prosedur

3. Bunyi menggerinding

Jika Anda mendengar suara menggerinding saat menekan tombol starter, itu bisa menjadi tanda bahwa gigi bendix starter motor tidak dapat menggerakkan gigi flywheel dengan baik. Hal ini dapat terjadi jika gigi bendix starter motor telah aus atau rusak. Solusi yang tepat adalah mengganti bendix starter motor yang rusak.

4. Starter motor terus berputar

Jika starter motor terus berputar setelah mesin menyala atau ketika tombol starter dilepas, itu bisa menjadi ciri ciri bahwa bendik starter motor rusak. Hal ini terjadi karena bendix starter motor tidak dapat menarik diri dari gigi flywheel. Solusi yang tepat adalah memeriksa dan mengganti bendix starter motor yang rusak.

5. Starter motor terdengar lambat

Jika starter motor terdengar lambat saat Anda mencoba menyalakan mesin, ini bisa menjadi tanda bahwa bendix atau starter motor rusak. Anda mungkin merasakan getaran atau suara berat yang terus menerus dari starter motor saat Anda mencoba menyalakan mobil.

6. Starter motor terbakar

Jika starter motor terbakar, ini adalah ciri ciri yang sangat jelas bahwa ada masalah atau rusak di bagian bendik atau starter motor. Jika terjadi, segera matikan mesin dan bawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk diperiksa.

7. Starter motor berputar, tetapi mesin tidak hidup

Ini bisa menjadi ciri ciri bahwa ada masalah dengan komponen lain di mesin mobil, seperti sistem bahan bakar atau bahkan dibagian bendik starter yang rusak.

Baca Juga:  Akibat Motor Tidak Top Kompresi: 5 Dampak

8. Bunyi bergema saat starter diputar

Ini bisa terjadi jika ada masalah dengan gigi starter atau gigi flywheel, yang dapat menyebabkan benturan saat starter diputar dan menyebabkan suara bergema atau berdenting.

9. Starter motor tidak bekerja pada suhu dingin

Ini terjadi ketika starter motor tidak berfungsi ketika suhu di sekitar mobil sangat dingin, seperti saat musim dingin. Hal ini disebabkan oleh kurangnya energi listrik yang dapat mengalir ke starter motor dalam kondisi yang sangat dingin.

10. Lampu indikator engine menyala

Ciri ciri terakhir bendik starter motor rusak adalah lampu indikator engine menyala. Jika lampu indikator engine menyala saat Anda mencoba menyalakan mesin, ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan bendix atau starter motor, meskipun hal ini juga bisa terjadi karena masalah lain pada sistem mesin mobil.

Cara Memperbaiki Solenoid Starter Motor Rusak

Setelah mengetahui ciri ciri bendik motor starter rusak maka perlu diketahui pula cara memperbaikinya. Berikut ini adalah beberapa cara umum untuk memperbaiki bendik starter motor rusak:

1. Mengganti Bendix Starter Motor

Cara paling umum untuk memperbaiki bendix starter motor yang rusak adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Anda dapat membeli bendix starter motor baru di bengkel atau toko spare part terdekat. Pastikan Anda membeli bendix starter motor yang sesuai dengan jenis kendaraan Anda dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

Baca Juga:  Penyebab Output Amplifier Keluar Tegangan DC & Solusi

2. Memperbaiki Gear Bendix Starter Motor

Untuk memperbaiki bendik starter motor yang rusak atau aus maka perlu proses pembubutan. Pastikan Anda menggunakan gear yang sesuai dengan jenis kendaraan Anda.

3. Memeriksa dan Membersihkan Terminal

Kerusakan pada terminal bisa menjadi penyebab utama bendix starter motor tidak berfungsi. Anda dapat memeriksa terminal dan membersihkannya dengan amplas atau sikat untuk menghilangkan karat dan kotoran yang menempel. Pastikan untuk menghubungkan terminal dengan benar setelah membersihkannya.

4. Memeriksa dan Mengganti Relay

Relay yang rusak bisa menjadi penyebab utama starter motor tidak berfungsi. Anda dapat memeriksa relay dengan menggunakan ohmmeter untuk memastikan apakah relay masih berfungsi atau tidak. Jika relay tidak berfungsi, Anda dapat menggantinya dengan yang baru.

5. Memeriksa dan Mengganti Kabel

Kabel yang rusak atau terputus bisa menjadi penyebab starter motor tidak berfungsi. Perlu memeriksa bagian kabel apabila mengalami kerusakan. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang lebih parah dan memastikan kendaraan dapat berfungsi dengan baik.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri bendik starter motor rusak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.