Kunci Motor PCX Tidak Bisa Diputar: 6 Penyebab Dan Perbaikan

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kunci Motor PCX Tidak Bisa Diputar – Kunci motor yang tidak bisa diputar adalah masalah umum yang sering dialami oleh pengguna motor PCX. Masalah ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti baterai yang habis atau adanya kerak pada knob kunci. Bagi pemilik motor yang tidak berpengalaman, masalah ini dapat menimbulkan kekhawatiran dan ketidaknyamanan saat mengendarai motor.

Untuk itu, perlu diketahui penyebab kunci motor tidak bisa diputar agar masalah ini dapat diatasi dengan cepat dan mudah. Pada artikel ini, akan dijelaskan beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kunci motor PCX tidak bisa diputar dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan memahami faktor-faktor penyebab masalah ini, diharapkan pengguna motor PCX dapat menghindari masalah yang sama dan tetap merawat motor dengan baik.

kunci motor pcx tidak bisa diputar

Penyebab Kunci Motor PCX Tidak Bisa Diputar

Pengguna PCX kadang mengalami masalah ketika menekan tombol yang memiliki motif motor, dan motor memberikan respons dengan knob yang berpijar biru dan bersuara “tit-tit”. Namun, ketika ingin memutar knob, knob tersebut ternyata tidak bisa diputar meskipun sudah dipaksa.

Beberapa pengguna yang tidak berpengalaman mungkin cukup khawatir saat pertama kali mengalami masalah ini. Berikut beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab kunci motor PCX tidak bisa diputar:

1. Kunci motor rusak

Jika kunci motor Anda sudah aus atau rusak, maka Anda mungkin akan kesulitan untuk memutar kunci tersebut. Cobalah untuk menggunakan kunci cadangan atau mengganti kunci motor Anda yang rusak.

Baca Juga:  Jalur Kabel Stater Mio Sporty: 5 Kabel & Fungsi

2. Terkunci

Ada kemungkinan bahwa kunci motor Anda terkunci dan tidak dapat diputar karena beberapa alasan, seperti kunci terjebak di dalam lubang kunci atau mekanisme kunci yang rusak. Cobalah untuk merawat kunci motor dengan baik dan hindari penggunaan kunci secara kasar.

3. Ignisi rusak

Ignisi yang rusak juga dapat menyebabkan kunci motor pcx tidak bisa diputar. Bagian ini adalah komponen yang berfungsi untuk mengaktifkan mesin dan sistem elektronik pada motor. Jika ignisi rusak, maka kunci motor Anda tidak akan berfungsi dengan baik. Anda dapat membawa motor ke bengkel terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki jika diperlukan.

4. Masalah pada bagian mekanik

Ada kemungkinan bahwa ada masalah pada bagian mekanik motor Anda, seperti sistem kelistrikan atau mesin. Jika demikian, Anda harus membawa motor ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik yang terampil dan berpengalaman.

5. Baterai

Salah satu masalah yang sering muncul pada motor yang memiliki fitur keyless atau sistem smart key adalah baterai cepat habis. Ini adalah faktor yang sederhana namun dapat menjadi penyebab kunci motor PCX tidak bisa diputar.

Terkadang pemilik motor baru tidak menyadari bahwa mereka terus menekan tombol remote secara berulang-ulang sehingga baterai di dalam remote cepat habis. Remote motor selalu dalam kondisi “ON”, sehingga jika remote dalam kondisi “ON”, baterai akan terhisap oleh aliran listrik.

Baca Juga:  Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Dioda

Oleh karena itu, perlu dilakukan penggantian baterai remote. Harganya murah, sekitar 10000 saja, dan banyak dijual di toko aksesoris.

6. Kotoran

Seiring berjalannya waktu dan penggunaan yang biasanya terjadi, kerak bisa muncul pada knob PCX. Adanya kerak dapat terjadi karena kurangnya perawatan kebersihan di mana jika dibiarkan terlalu lama, kotoran akan menumpuk dan mengeras menjadi kerak. Oleh karena itu, disarankan untuk rajin membersihkan motor terutama setelah terkena hujan.

Cara Memperbaiki Kunci Motor PCX Tidak Bisa Diputar

Jika kunci motor PCX mengalami masalah tidak bisa diputar, maka diperlukan langkah-langkah untuk memperbaikinya. Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki kunci motor PCX yang macet atau bermasalah:

1. Ganti baterai smart key

Langkah pertama untuk memperbaiki kunci motor PCX yang macet atau tidak bisa diputar adalah dengan mengganti baterai. Seiring dengan penggunaan yang semakin lama, baterai pada remote akan menurun dan habis. Jika baterai habis, maka remote tidak dapat digunakan dan fitur smart key pada motor PCX tidak dapat dihidupkan.

Biasanya, lampu indikator pada remote akan semakin redup dan mati jika baterai sudah lemah. Untuk menggunakannya kembali, kamu perlu mengganti baterai dengan yang baru.

2. Goyangkan stang

Jika knop atau kunci motor PCX macet atau tidak bisa diputar saat digembok stang, cobalah untuk mengoyang-goyangkan stang secara berulang-ulang dan memutar knop secara bertepatan. Lakukan hal ini beberapa kali sampai knop kembali normal. Pastikan remote dalam keadaan ON sebelum melakukannya.

Baca Juga:  Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil: Jalur Dan Ulasan

3. Periksa socket smart key

Jika baterai remote masih berfungsi dan status contact sudah ON namun knop tetap tidak bisa diputar, maka kamu perlu membuka smart key untuk memeriksa kabel dan socket yang ada di dalamnya. Periksa semua kabel yang terhubung ke tombol knop. Apabila kendor perlu dilakukan perbaikan.

4. Semprotkan WD-40

Jika knop kunci PCX macet atau tidak bisa diputar karena adanya timbunan karat, maka kamu bisa menggunakan cairan anti karat seperti WD-40 untuk melunturkan karat tersebut. Semprotkan cairan tersebut ke dalam knop dan menggoyang-goyangkan stang secara berulang-ulang agar karat tersebut rontok.

Diatas merupakan penyebab kunci motor PCX tidak bisa diputar dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.