Penyebab Setir Mobil Manual Berat: 7 Faktor & Cara

Apa saja penyebab utama setir mobil manual berat? Setir mobil yang berat bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi pengemudi, terutama pada mobil manual. Terkadang, mengemudi mobil manual yang terasa berat dapat menguras energi dan membuat pengemudi merasa tidak nyaman.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan setir mobil manual menjadi berat. Artikel ini akan membahas penyebab utama setir mobil manual yang berat dan bagaimana cara mengatasinya.

penyebab setir mobil manual berat

Penyebab Setir Mobil Manual Berat

Berikut adalah beberapa penyebab utama setir mobil manual yang berat:

1. Kekakuan pada sistem kemudi

Ketika mobil Anda jarang digunakan atau sudah berusia cukup tua, sistem kemudi pada mobil mungkin menjadi kaku atau kendor. Kekakuan pada sistem kemudi ini menjadi penyebab setir mobil manual menjadi berat dan sulit untuk diputar.

2. Ban yang kurang angin

Ban yang kurang angin juga dapat menjadi penyebab setir mobil manual menjadi berat. Hal ini terutama terjadi jika ban depan kurang angin, karena beban mobil akan lebih tertumpu pada ban depan. Sebaiknya periksa tekanan ban secara rutin dan pastikan selalu dalam keadaan optimal.

3. Komponen kemudi yang aus

Komponen kemudi seperti ball joint, tie rod, atau steering rack mungkin mengalami aus dan aus dapat menyebabkan setir mobil manual menjadi berat dan sulit untuk diputar.

4. Masalah pada power steering

Power steering adalah sistem yang membantu mengurangi beban pada setir saat mobil bergerak. Jika ada masalah pada power steering, setir mobil manual akan terasa lebih berat untuk diputar. Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran pada sistem power steering atau pompa power steering yang rusak.

5. Keausan pada bearing roda

Bearing roda yang aus atau rusak dapat membuat setir mobil manual terasa lebih berat. Hal ini terutama terjadi ketika bergerak di kecepatan yang tinggi.

6. Kondisi jalan yang buruk

Jalan yang rusak atau berlubang dapat menyebabkan setir mobil manual menjadi berat. Saat mobil melewati jalan yang buruk, roda dan sistem suspensi akan mengalami guncangan yang besar. Hal ini akan membuat setir mobil manual terasa berat.

7. Torsi yang terlalu tinggi

Terakhir, torsi mesin yang terlalu tinggi atau power yang terlalu besar pada mobil mungkin menjadi penyebab setir mobil manual menjadi berat. Hal ini terutama terjadi pada mobil dengan mesin yang besar dan performa tinggi.

Cara Mengatasi Setir Mobil Manual Berat

Untuk mengatasi berbagai faktor penyebab setir mobil manual yang berat, beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

1. Periksa tekanan angin pada ban

Pastikan tekanan angin pada ban mobil sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan angin yang kurang atau berlebihan dapat mempengaruhi kinerja setir mobil.

2. Periksa sistem power steering

Jika mobil Anda dilengkapi dengan sistem power steering, periksa kondisi sistem tersebut. Pastikan karet pipa power steering tidak bocor atau retak, cairan power steering cukup, dan sabuk kipas tidak kendor. Jika ada masalah pada sistem power steering, segera perbaiki di bengkel terpercaya.

3. Periksa keseimbangan roda

Roda mobil yang tidak seimbang atau tidak terpasang dengan benar dapat menyebabkan getaran pada setir mobil. Periksa keseimbangan roda dan pastikan roda terpasang dengan benar.

4. Periksa suspensi mobil

Suspensi mobil yang rusak atau aus dapat mempengaruhi kinerja setir mobil. Periksa kondisi suspensi mobil, termasuk per keong dan per per di depan maupun di belakang. Jika ada masalah pada suspensi mobil, segera perbaiki di bengkel terpercaya.

5. Periksa oli gearbox

Pastikan oli gearbox mobil Anda cukup. Oli gearbox yang kurang dapat menyebabkan gesekan antara gigi dan menyebabkan setir mobil terasa berat.

6. Periksa pedal kopling

Pastikan pedal kopling mobil Anda tidak terlalu keras atau terlalu lembek. Jika terlalu keras, bisa jadi plat kopling sudah aus dan harus segera diganti. Sedangkan jika terlalu lembek, bisa jadi kampas kopling sudah aus dan perlu diganti.

7. Pastikan setir dan roda lurus

Pastikan setir dan roda mobil Anda lurus saat berjalan. Setir mobil yang tidak lurus dapat menyebabkan getaran dan membuat setir terasa berat.

Itulah beberapa penyebab utama setir mobil manual yang berat. Jika Anda mengalami masalah ini, sebaiknya periksakan mobil Anda ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan dan perbaikan jika diperlukan. Jika setir mobil masih terasa berat setelah melakukan beberapa langkah di atas, segera periksakan mobil ke bengkel terpercaya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.