Ciri Shockbreaker Mobil Rusak: 10 Gejala & Perbaikan

Apa saja ciri ciri shockbreaker mobil yang rusak? Shockbreaker mobil adalah salah satu komponen penting pada kendaraan yang berfungsi untuk menyerap getaran dan guncangan dari jalan. Fungsi utama dari shockbreaker ini adalah untuk memberikan kenyamanan saat berkendara dan menjaga stabilitas mobil agar tetap dalam kendali pengemudi. Namun, karena penggunaannya yang sering terjadi, shockbreaker mobil dapat mengalami kerusakan.

Jika shockbreaker mobil mengalami kerusakan, hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah pada mobil dan bahkan dapat mengancam keselamatan pengemudi dan penumpang. Oleh karena itu, penting bagi para pengemudi untuk mengetahui ciri ciri shockbreaker mobil rusak agar dapat melakukan perbaikan secara tepat waktu.

Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa ciri ciri shockbreaker mobil rusak yang perlu diketahui oleh para pengemudi. Dengan mengetahui ciri-ciri ini, pengemudi dapat dengan mudah mengidentifikasi masalah pada shockbreaker mobil mereka dan segera melakukan perbaikan sebelum terjadi masalah yang lebih serius.

ciri shockbreaker mobil rusak

Ciri Shockbreaker Mobil Rusak

Shockbreaker mobil yang rusak dapat menimbulkan berbagai masalah pada mobil dan mengancam keselamatan pengemudi dan penumpang. Berikut adalah beberapa ciri ciri shockbreaker mobil rusak yang perlu diketahui:

1. Mobil terasa tidak stabil saat dikendarai.

Ciri pertama jika shockbreaker rusak, mobil akan terasa tidak stabil saat dikendarai dan seringkali terasa bergetar atau berguncang. Hal ini dapat terjadi karena shockbreaker tidak lagi mampu menyerap guncangan dari jalan dengan baik.

Baca Juga:  Penyebab ECU Motor Rusak: 7 Faktor, Dampak, & Perbaikan

2. Ban mobil aus tidak merata.

Ciri lain shockbreaker yang rusak dapat menyebabkan ban mobil aus tidak merata karena tekanan pada ban mobil tidak terdistribusi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan ban mobil cepat rusak dan mengurangi umur pakai ban.

3. Mobil sulit dikendalikan.

Jika shockbreaker rusak, maka kendaraan akan sulit dikendalikan, terutama saat melewati jalan berlubang atau tidak rata. Hal ini terjadi karena mobil tidak lagi memiliki stabilitas yang baik dan dapat bergerak ke kiri atau kanan dengan sendirinya.

4. Bunyi keras saat melewati jalan bergelombang.

Jika shockbreaker mobil rusak, maka akan terdengar suara keras saat mobil melewati jalan bergelombang atau berlubang. Hal ini terjadi karena shockbreaker tidak lagi mampu menyerap guncangan dari jalan dengan baik dan memungkinkan guncangan tersebut mencapai suspensi.

5. Waktu pengereman lebih lama.

Shockbreaker yang rusak dapat mempengaruhi kinerja rem mobil, sehingga waktu pengereman menjadi lebih lama dan berpotensi menimbulkan bahaya. Hal ini terjadi karena shockbreaker tidak lagi mampu menjaga stabilitas mobil dengan baik, sehingga berdampak pada kinerja rem.

6. Oli shockbreaker bocor.

Jika terdapat tanda atau ciri oli shockbreaker bocor pada bagian shockbreaker, maka bisa jadi shockbreaker mobil rusak. Kondisi ini dapat menyebabkan shockbreaker menjadi lebih sulit dalam menyerap guncangan dari jalan.

7. Kondisi body mobil tidak stabil.

Shockbreaker yang rusak dapat mempengaruhi kondisi body mobil sehingga menjadi tidak stabil. Jika kondisi ini terjadi, maka pengemudi dapat merasakan adanya perubahan di kemudi dan roda mobil.

Baca Juga:  Motor Tidak Bisa Distarter Tapi Bisa Diengkol

8. Terdapat tanda-tanda aus pada shockbreaker.

Shockbreaker yang telah aus akan terlihat seperti terkikis pada permukaannya. Hal ini dapat terjadi akibat penggunaan yang berlebihan atau karena kondisi jalan yang ekstrim.

9. Terdapat retakan atau keretakan pada bagian shockbreaker.

Jika terdapat retakan atau keretakan pada bagian shockbreaker, maka shockbreaker tersebut kemungkinan besar mengalami kerusakan dan tidak lagi dapat bekerja dengan baik.

10. Suspensi mobil bekerja secara berlebihan.

Ciri terakhir jika shockbreaker rusak, maka suspensi mobil akan bekerja secara berlebihan dalam menahan guncangan dan getaran dari jalan. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada suspensi mobil dan membuat mobil lebih sulit untuk dikendalikan.

Cara Memperbaiki Shockbreaker Mobil Rusak

Setelah memahami ciri maka perlu memperbaiki shockbreaker mobil yang rusak. Hal ini sebaiknya dilakukan oleh ahli di bengkel resmi atau tempat servis mobil yang terpercaya, karena memperbaiki shockbreaker membutuhkan peralatan khusus dan pengetahuan teknis yang cukup. Namun, berikut adalah langkah-langkah umum dalam memperbaiki shockbreaker mobil rusak:

  1. Lakukan pemeriksaan kondisi shockbreaker secara menyeluruh. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui tingkat kerusakan pada shockbreaker. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan visual dan uji fungsi.
  2. Ganti bagian shockbreaker yang rusak. Jika terdapat bagian yang rusak atau aus pada shockbreaker, bagian tersebut perlu diganti. Biasanya, mekanik akan merekomendasikan untuk mengganti seluruh unit shockbreaker agar kinerja shockbreaker bisa optimal.
  3. Lakukan penggantian pada bagian suspensi yang rusak. Terkadang, kerusakan pada shockbreaker dapat mempengaruhi bagian suspensi lainnya seperti per yang terhubung ke shockbreaker. Jika terdapat kerusakan pada bagian suspensi lainnya, perlu dilakukan penggantian juga.
  4. Periksa dan ganti komponen tambahan. Selain shockbreaker, ada beberapa komponen tambahan yang juga perlu diperiksa dan diganti jika diperlukan seperti bushing, bantalan, atau per. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa shockbreaker dan suspensi mobil dapat berfungsi dengan baik.
  5. Lakukan uji fungsi. Setelah semua komponen diganti, lakukan uji fungsi untuk memastikan bahwa shockbreaker dan suspensi mobil bekerja dengan baik. Uji fungsi ini meliputi melakukan tes jalan dan melakukan pengujian dengan mesin khusus.
Baca Juga:  Fungsi Rocker Arm: Peran, Bagian, Cara Kerja

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa ciri shockbreaker mobil rusak diatas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dan perbaikan shockbreaker mobil agar tetap dapat mengemudi dengan aman dan nyaman. Perbaikan shockbreaker mobil dapat dilakukan di bengkel resmi atau tempat servis mobil yang terpercaya.