Ukuran Klep Tiger: Ukuran Dan Perawatan

Ukuran klep pada sepeda motor sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi kinerja mesin. Salah satu jenis sepeda motor yang populer di Indonesia adalah Honda Tiger. Seperti halnya sepeda motor lainnya, Honda Tiger juga memiliki ukuran klep yang harus dijaga agar mesinnya dapat beroperasi dengan optimal.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang ukuran klep pada Honda Tiger, termasuk mengapa penting untuk menjaganya, kapan waktu yang tepat untuk memeriksanya, dan bagaimana melakukan perawatannya.

ukuran klep tiger

Ukuran Klep Tiger

Honda Tiger memiliki dua klep, yaitu klep intake (masuk) dan klep exhaust (buang). Ukuran klep yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja mesin agar optimal. Ukuran klep yang tidak tepat dapat mengakibatkan kinerja mesin menurun, konsumsi bahan bakar yang tidak efisien, dan bahkan kerusakan pada mesin.

Untuk Honda Tiger, ukuran klep yang disarankan adalah sebagai berikut:

  1. Klep masuk (intake): 31,5 mm
  2. Klep buang (exhaust): 27 mm
  3. Ukuran batang klep: 5,5 mm.

Sementara ukuran celah klep honda tiger yaitu:

  1. Klep intake: 0,08 – 0,12 mm
  2. Klep exhaust: 0,10 – 0,14 mm

Waktu yang tepat untuk memeriksa dan menyetel ukuran klep Honda Tiger adalah setiap 10.000 km atau setiap 6 bulan, tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Jika ukuran klep tidak sesuai dengan spesifikasi, maka perlu penyesuaian. Proses penyesuaian ukuran klep sebaiknya oleh mekanik yang berpengalaman.

Baca Juga:  Gigi Persneling Motor Tidak Bisa Masuk & Perbaikan

Cara Merawat Klep Tiger

Merawat klep pada sepeda motor Honda Tiger sangat penting untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal dan mencegah kerusakan pada mesin. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat klep Honda Tiger:

1. Memeriksa dan menyetel ukuran klep secara berkala

Memeriksa dan menyetel ukuran klep pada Honda Tiger sebaiknya setiap 10.000 km atau setiap 6 bulan, tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Jika ukuran klep tidak sesuai dengan spesifikasi yang disarankan, maka perlu dilakukan penyesuaian oleh mekanik yang berpengalaman.

2. Mengganti oli secara berkala

Mengganti oli secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja mesin Honda Tiger dan mencegah keausan pada klep. Sebaiknya penggantian oli setiap 3.000 km atau setiap 3 bulan, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

3. Membersihkan filter udara

Membersihkan filter udara secara berkala juga penting untuk menjaga kinerja mesin Honda Tiger. Sebaiknya membersihkan filter udara setiap 5.000 km atau setiap 6 bulan, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

4. Memeriksa sistem pembakaran

Memeriksa sistem pembakaran pada Honda Tiger juga penting untuk menjaga kinerja mesin. Pastikan busi berfungsi dengan baik dan bersih dari kotoran dan kerak. Sebaiknya memeriksa sistem pembakaran setiap 5.000 km atau setiap 6 bulan, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

5. Hindari overheat

Hindari mesin Honda Tiger overheat, karena dapat menyebabkan kerusakan pada klep dan komponen mesin lainnya. Pastikan suhu mesin tidak melebihi batas normal.

Baca Juga:  Penyebab Setir Mobil Manual Berat: 7 Faktor & Cara

Dengan melakukan perawatan yang teratur, dapat memperpanjang umur kinerja mesin Honda Tiger.

Untuk menjaga kinerja mesin dan ukuran klep Honda Tiger, penting untuk melakukan perawatan yang teratur, seperti mengganti oli secara berkala, membersihkan filter udara, dan memeriksa sistem pembakaran. Hal ini akan membantu menjaga kinerja mesin tetap optimal dan mencegah kerusakan pada mesin akibat ukuran klep yang tidak tepat.